Bichon Frise

Nama Group : Non-Sporting Group | Level Aktifitas : Membutuhkan Latihan rutin | Level Energi : Tinggi | Level Gonggongan : Sedang | Karakter : Trah Anjing Terkecil | Ukuran : Kecil | Asal-Usul : Mediterania | Lingkungan : Mampu beradaptasi di lingkungan apapun | Bulu : Panjang | Jenis Bulu Rontok : Jarang | Pelatihan : Sangat Manut | Keluarga : Anjing Keluarga | Umur : 14 - 15 Tahun


ISSUE KESEHATAN

Masalah utama: keseleo patela, Cushing, alergi || Kekhawatiran kecil: katarak, PJK || Kadang terlihat: penyakit hati, Legg-Perthes || Tes yang disarankan: pinggul, lutut, mata, DNA untuk PRA || Rentang hidup: 14–15 tahun


MENGENAI BICHON FRISE

Ciri khas dari ras ini adalah bulu hipoalergeniknya yang berwarna putih, mewah dan lembut saat disentuh, dengan bulu kepala bundar yang menonjolkan mata besar dan gelap serta kulit hitam pada hidung dan bibir.

Bichons adalah sahabat yang mudah beradaptasi yang cocok dengan anjing dan anak-anak lain. Waspada dan penasaran, Bichons adalah pengawas kecil yang baik. Kepercayaan diri dan ukuran mereka menjadikan mereka anjing yang ideal bahkan untuk daerah perkotaan. Bichons berlatih dengan baik dan menikmati waktunya bersama orang yang mereka cintai.

SEJARAH

Bichons adalah anggota klan anjing putih kecil yang secara resmi dikenal sebagai jenis Barbichon. (Ini juga termasuk Bolognese, Havanese, dan Maltese.) Diperkirakan bahwa trah purba ini memulai perkembangan modern mereka di Tenerife, yang terbesar di Kepulauan Canary. Salah satu ras ini menjadi sangat populer di kalangan pelaut sehingga dikenal sebagai Bichon Tenerife, nenek moyang utama Bichon Frise saat ini. Hubungan erat trah ini dengan bangsawan Eropa dimulai sekitar abad ke-13. Terutama, mereka disayangi oleh istana kerajaan Spanyol, Italia, dan Prancis, terutama pada masa Renaissance.

Dengan munculnya Revolusi Prancis pada tahun 1789, hari-hari Bichon sebagai anjing peliharaan aristokrat yang dimanjakan dan wangi berakhir dengan kasar. Ketika satu per satu pemilik mereka ditangkap dan dipenjarakan, Bichons kehilangan posisi istimewanya. 
Seiring berjalannya waktu, anjing ini dapat bertahan dengan beralih fungsi, yaitu menjadi pemain sirkus untuk menghibur orang orang. Dapat dilatih, sangat lucu, dan selalu dalam performa terbaiknya saat menjadi sorotan, Bichons adalah kandidat yang sangat baik untuk kesuksesannya.

Pada abad ke-20, Bichons kembali menghadapi masa-masa sulit karena kekurangan dan penghematan yang disebabkan oleh terjadinya dua perang dunia.  Berkat beberapa peternak yang mengumpulkan Bichons dari jalanan Prancis dan Belgia, trah ini bertahan dan diakui di Prancis di bawah naungan Societé Centrale Canine pada tahun1933 sebagai Bichon a Poil Frisé yang berarti “Bichon dari rambut keriting”.

Bichon Frise Club of America didirikan di San Diego pada tahun 1964. AKC mengakui Bichon ke dalam kelas Miscellaneous pada tahun 1971, dan pengakuan penuh ras di Non-Sporting Group datang setahun kemudian.

NUTRISI MAKANAN

Bichon Frise sebaiknya diberikan makanan anjing berkualitas tinggi, baik yang diproduksi secara komersial atau disiapkan di rumah dengan pengawasan dan persetujuan dokter hewan. Makanan apa pun harus sesuai dengan usia anjing (anak anjing, dewasa, atau senior). Beberapa anjing cenderung kelebihan berat badan, jadi perhatikan konsumsi kalori dan tingkat berat badannya. Camilan bisa menjadi bantuan penting dalam pelatihan, tetapi memberi terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas. Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Tanyakan kepada dokter hewan Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang berat badan atau diet anjing Anda. Air bersih dan segar harus tersedia setiap saat.

PERAWATAN

Bichons harus disikat bulunya setidaknya dua atau tiga kali seminggu, tetapi paling baik adalah menyikat setiap hari. Mereka membutuhkan mandi setidaknya sebulan sekali. Sebagian besar pemilik hewan peliharaan membawa Bichon mereka ke salon setiap empat hingga enam minggu. Bichon dianggap relatif hipoalergenik, karena trah ini sangat sedikit rontoknya karena rambut yang rontok tersangkut di lapisan bawah. Rambut yang rontok itu harus disikat untuk mencegah terbentuknya bulu kusut. Seperti semua ras, kuku Bichon harus dipangkas secara teratur juga.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Bichon diklasifikasikan sebagai trah yang "agak aktif". Sesi bermain harian, selain jalan-jalan, diperlukan. Anjing lain bisa menjadi teman olahraga yang baik, tetapi Bichon masih membutuhkan waktu bermain yang berkualitas dengan pemiliknya. Halaman belakang berpagar adalah ide yang bagus. Bichons sangat cepat, dia mungkin sulit ditangkap atau dipanggil kembali kepada Anda ketika dibiarkan berlari sendirian tanpa pengawasan. Banyak Bichons menikmati berpartisipasi dalam kompetisi kepatuhan, ketangkasan, dan reli.

PELATIHAN

Seperti pada semua ras, kelas sosialisasi awal dan pelatihan anak anjing direkomendasikan. Dalam segala hal, bagaimanapun, mereka sangat mudah untuk dilatih. Misalnya, Bichons suka melakukan trik dan mempelajari trik baru dengan cepat. Mereka merespons pelatihan dengan sangat baik berdasarkan penghargaan positif, daripada metode yang kasar atau negatif. Bichon perlu bersama keluarganya, dan perilaku yang tidak diinginkan kemungkinan besar akan terjadi jika dia secara teratur dibiarkan sendirian dalam waktu yang lama.

STANDAR AFFENPINSCHER : PDF dari AKC

 

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.


#BichonFrise #NonSportingGroup #Anjing #AnjingK9