Xoloitzcuintli

Nama Group : Non-Sporting Group | Level Aktifitas : Energik | Level Energi : Tinggi | Level Gonggongan : Sedang | Karakter : Anjing Hypoallergenic | Ukuran : Sedang | Asal-Usul : Meksiko | Lingkungan : Cocok untuk lingkungan hangat dan luas | Bulu : Tidak Berbulu | Jenis Bulu Rontok : Jarang | Pelatihan : Sangat Manut | Keluarga : Baik untuk anjing keluarga, namun bukan untuk anak kecil | Umur : 13-18 Tahun


ISSUE KESEHATAN

Kekhawatiran utama: tidak ada || Masalah kecil: jerawat || Kadang-kadang terlihat: keseleo patela (mainan) || Tes yang disarankan: tidak ada || Rentang hidup: 13 -18 tahun


MENGENAI XOLOITZCUINTLI

Xoloitzcuintli yang ejaannya (show-low-eats-queen-tlee) terdapat tiga variasi ukuran yaitu mainan, miniatur, dan standar, serta dua varietas yaitu tidak berbulu dan berbulu halus. Rambut tanpa bulu memiliki kulit yang keras, halus, dan rapat. Varietas yang berbulu ditutupi oleh bulu pendek dan datar. Kedua varietas ini memiliki warna gelap, mulai dari hitam, abu-abu hitam, dan batu tulis, hingga merah, hati, atau perunggu. Wajahnya menyiratkan kebijaksanaan dan cerdas, dan dahi Xolo akan berkerut ketika dia tenggelam dalam pikirannya.

SEJARAH

Patung anjing dari tanah liat yang menyerupai Xoloitzcuintli ditemukan terkubur di situs pemakaman Maya, Colima, dan Aztec yang berasal dari 3.000 tahun yang lalu. Anjing-anjing ini dipercaya dapat membimbing jiwa-jiwa melalui dunia bawah. Mitologi Aztec menegaskan bahwa Xolotl, dewa petir dan kematian Aztec, membuat Xoloitzcuintli (diucapkan show-low-eet-SQUINT-lee)  memberikan kekuatan penyembuhan fisik dan spiritual kepada anjing. Nama tersebut menggabungkan Xolotl dengan “itzcuintli”, Aztec untuk anjing.

Anjing-anjing ini ditemukan di seluruh Meksiko dan sebagian Amerika Tengah dan Selatan melindungi rumah dari roh dan penyusup serta dapat menyembuhkan orang. Anjing tanpa bulu pertama kali dijelaskan oleh Columbus dalam jurnal 1492-nya. Setelah Penaklukan Spanyol, Xolos (nama pendek mereka) hampir hilang, sebagian besar bertahan di daerah terpencil. Pada tahun 1887, AKC mendaftarkan trah ini sebagai Mexican Hairless, tetapi jumlah mereka tetap rendah dan peringkat mereka diturunkan pada tahun 1959, satu-satunya trah yang pernah dicoret dari daftar. Sementara itu, pada tahun 1953, beberapa otoritas anjing Inggris dan Meksiko, menyadari keberadaan ras ini yang lemah, mereka kemudian mencari di Meksiko terpencil dan kembali dengan sepuluh Xoloitzcuintli. Pada tahun 1956, trah ini dinamai anjing resmi Meksiko. Dari situ trah ini mulai dikenal.

Pada tahun 2007, Xoloitzcuintli kembali dikenali dan dapat ditemukan dalam tiga ukuran berbeda: Standar, Miniatur, dan Mainan. Gen yang menyebabkan bulu di Xoloitzcuintli sama dengan yang ada di Chinese Crested, dan Xoloitzcuintli mungkin merupakan keturunan dari anjing berbulu Asia kuno. Ini adalah gen dominan tunggal, jadi semua Xoloitzcuintli yang tidak berambut memiliki satu gen tidak berbulu dan satu gen yang berbulu. Gen yang sama menyebabkan beberapa kelainan gigi.

NUTRISI MAKANAN

Xoloitzcuintli sebaiknya diberikan makanan anjing berkualitas tinggi, baik yang diproduksi secara komersial atau disiapkan di rumah dengan pengawasan dan persetujuan dokter hewan Anda. Makanan apa pun harus sesuai dengan usia anjing (anak anjing, dewasa, atau senior). Beberapa anjing cenderung kelebihan berat badan, jadi perhatikan konsumsi kalori dan tingkat berat badannya. Camilan bisa menjadi bantuan penting dalam pelatihan, tetapi memberi terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas. Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Tanyakan kepada dokter hewan Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang berat badan atau diet anjing Anda. Air bersih dan segar harus tersedia setiap saat.

PERAWATAN

Xolos memiliki bulu pendek yang mudah dirawat, hanya perlu disikat sesekali. Anjing dewasa membutuhkan perawatan minimal, sementara anjing yang lebih muda mungkin menderita jerawat remaja yang mungkin membutuhkan perawatan khusus. Selain perawatan rutin mingguan, mandi sesekali akan membuat mereka tetap bersih dan terlihat terbaik. Kuku harus dipangkas secara teratur, karena kuku yang terlalu panjang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada anjing. Anjing tidak berbulu membutuhkan tabir surya dengan paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Xolos suka berjalan-jalan dan melakukan permainan yang menyenangkan, tetapi mereka terkenal tenang apabila berada di sekitar rumah. Anjing muda membutuhkan banyak latihan dan waktu bermain yang terstruktur, bagaimanapun, untuk menjaga mereka tetap sehat, bahagia, dan jauh dari masalah.

PELATIHAN

Xolos membutuhkan pelatihan yang konsisten dan batasan yang jelas. Sosialisasi awal dan kelas pelatihan anak anjing sangat penting dan membantu memastikan bahwa anjing tumbuh menjadi teman yang dapat menyesuaikan diri dan berperilaku baik. Xolos menganggap serius pekerjaan pengawas mereka, tetapi mereka adalah penggonggong bijaksana yang hanya menggonggong jika ada yang ingin mereka katakan. Dengan orang yang mereka cintai, mereka adalah hewan peliharaan yang ceria dan penyayang. Jika Anda memiliki alergi tetapi ingin memiliki anjing, Xolo yang tidak berbulu harus ada dalam daftar singkat ras yang perlu Anda pertimbangkan.

STANDAR XOLOITZCUINTLI: PDF dari AKC

 

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.


#Xoloitzcuintli #NonSportingGroup #Anjing #AnjingK9