Havanese

Nama Group : Toy Group | Level Aktifitas : Membutuhkan Latihan rutin | Level Energi : Sedang | Level Gonggongan : Sedang | Karakter : Trah Anjing Terkecil | Ukuran : Kecil | Asal-Usul : Kuba | Lingkungan : Cocok untuk lingkungan apartement | Bulu : Panjang | Jenis Bulu Rontok : Sesekali | Pelatihan : Mudah dilatih | Keluarga : Perlu diawasi untuk anak kecil | Umur : 14 - 16 Tahun


ISSUE KESEHATAN

Kekhawatiran utama: tidak ada || Masalah kecil: keseleo patela || Kadang-kadang terlihat: chondrodysplasia, Legg-Perthes, elbow dysplasia, portacaval shunt, insufisiensi katup mitral, tuli || Tes yang disarankan: lutut, mata, pinggul, (jantung), pendengaran || Rentang hidup: 14-16 tahun


MENGENAI HAVANESE 

Havanese adalah anjing kecil, kokoh, berkaki pendek dengan gaya berjalan unik yang sangat lincah, sifat mudah beradaptasi, dan keterampilan sosial membuat Havanese menjadi anjing kota yang ideal, tetapi mereka puas berada di mana saja sehingga mereka dapat menarik perhatian kalangan tua maupun muda. Bulunya ganda, dengan bulu bagian bawah dan luar yang lembut.

Bulu luar yang tebal sangat panjang, panjangnya mencapai 6 sampai 8 inci, dan berkisar dari lurus sampai keriting, namun cenderung lebih disukai yang bergelombang. Apabila bulu keriting, diperbolehkan untuk diikat. Havanese memiliki ekspresi yang lembut. Havanese juga merupakan pengawas yang sangat baik dan melakukan pekerjaan dengan serius, tetapi biasanya akan meminimalkan gonggongan.

SEJARAH

Havanese (tunggal atau jamak, namanya sama) berasal dari keluarga Bichon kuno, anjing putih kecil dan mengklaim ras seperti Bichon Frise dan Maltese sebagai kemungkinan nenek moyang bersama. Sejak masa awal peradaban manusia, anjing peliharaan jenis ini banyak ditukar ke seluruh dunia oleh pedagang pelaut. Anjing peliharaan asli bangsawan Kuba dan pekebun kaya adalah Havanese, dinamai sesuai nama ibu kota Havana, tempat trah ini mendapat perhatian terbesar. Bergantung pada sumbernya, pendahulu trah ini dikatakan dibawa ke negara pulau oleh kapten laut Italia atau oleh orang Spanyol yang ditugaskan untuk menjajah Dunia Baru pada tahun 1600-an.

Selama kurang lebih 300 tahun berada di pangkuan kemewahan Kuba, trah ini disempurnakan, mungkin dengan persilangan Poodle, ke dalam bahasa Havanese saat ini, yang dulu disebut Blanquito de la Habana (Anjing Sutra Havana). Peristiwa penting dalam sejarah trah ini terjadi pada tahun 1959, dengan pengambilalihan Kuba oleh Komunis. Banyak orang Kuba kaya yang melarikan diri dari revolusi Fidel Castro membawa serta anjing kecil mereka ke Amerika.

Dengan bantuan para peternak Amerika, para pengungsi melestarikan dan mengabadikan  Havanese. Trah ini sekarang menjadi pilihan populer bagi pemilik hewan peliharaan di seluruh dunia. Penulis paling terkenal di dunia, Ernest Hemingway memiliki Havanese selama 20 tahun di Kuba. Sekitar seratus tahun sebelumnya, Charles Dickens memiliki seekor Havanese kecil bernama Tim.

Pada tahun 1996 Havanese pertama memasuki area pertunjukan AKC, dan diterima untuk pengakuan reguler sebagai anggota Toy Group pada hari pertama tahun 1999. Havanese juga dikenal sebagai Anjing Sutra Havana.

NUTRISI MAKANAN

Havanese sebaiknya diberi makanan anjing berkualitas tinggi yang sesuai dengan usianya (anak anjing, dewasa, atau senior). Beberapa Havanese rentan mengalami kelebihan berat badan, jadi perhatikan konsumsi kalori dan tingkat berat badan anjing Anda. Jika Anda memilih untuk memberi camilan pada anjing Anda, lakukan dengan tidak berlebihan. Camilan bisa menjadi bantuan penting dalam pelatihan, tetapi memberi terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas. Terutama hindari tulang yang dimasak dan makanan dengan kandungan lemak tinggi. Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Tanyakan kepada dokter hewan Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang berat badan atau diet anjing Anda.

PERAWATAN

Bulu Havanese yang panjang, lembut, dan halus perlu dirapikan setiap hari agar bebas dari kusut. Ini dapat dilakukan dengan menyisir lembut atau menyisir anjing dengan lembut saat ia berada di pangkuan Anda. Pemilik hewan peliharaan sering kali memilih agar bulu anjingnya dipotong pendek untuk mengurangi waktu perawatan. Havanese juga harus mandi sesekali sesuai kebutuhan. Sudut mata harus dibersihkan dengan lembut setiap hari untuk mencegah noda air mata pada rambut berwarna cerah di area tersebut. Periksa telinga sesering mungkin untuk menghilangkan kotoran berlebih atau kotoran yang menumpuk, dan seka bagian dalam penutup telinga dengan kain kasa atau handuk yang sedikit dibasahi.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Havanese memiliki kebutuhan olahraga sedang. Mereka akan mendapatkan keuntungan dari jalan-jalan cepat setiap hari atau waktu bermain yang menyenangkan dengan pemiliknya di halaman belakang, karena mereka paling bahagia ketika ada seseorang bersama mereka. Bermain-main di dalam rumah juga bisa memberikan aktivitas yang cukup. Jangan pernah melatih Havanese secara berlebihan. Jika mereka terengah-engah dan kesulitan untuk mengimbanginya, sudahi latihannya. Havanese mampu beradaptasi dengan baik di rumah dan apartemen, tetapi mereka tidak senang dibiarkan sendirian selama berjam-jam.

PELATIHAN 

Havanese sangat cerdas, bersemangat, dan mereka mudah dilatih selama Anda melatih dengan menggunakan metode yang positif. Havanese bisa menjadi jenis yang sensitif, jadi harus berhati-hati untuk tidak memarahi mereka dengan kasar. Sosialisasi sejak usia dini sangatlah penting. Latih mereka dengan tenang ke berbagai tempat untuk bertemu orang dan lingkungan baru, selalu pastikan bahwa pengalamannya positif dan tidak mengintimidasi. Pelatihan yang lembut dan sabar akan menghasilkan anjing pendamping yang luar biasa. Mereka pengasih dengan manusia dan mudah bergaul dengan hewan peliharaan non-agresif lainnya.

STANDAR HAVANESE : PDF dari AKC

 

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.


#Havanese #ToyGroup #Anjing #AnjingK9