Petit Basset Griffon Vendéen

Nama Group : Hound Group [Anjing pemburu] | Level Aktifitas : Energik | Level Energi : Tinggi | Level Gonggongan : Sedang | Karakter : Trah Anjing Terkecil | Ukuran : Sedang | Asal-Usul : Prancis | Lingkungan : Suka menggonggong dan melolong | Bulu : Sedang | Jenis Bulu Rontok : Sesekali | Pelatihan : Mandiri | Keluarga : Baik untuk anak yang lebih tua | Umur : 12 - 14 Tahun


ISSUE KESEHATAN

Kekhawatiran utama: tidak ada || Kekhawatiran minor: otitis eksterna, penyakit jantung koroner, PPM, beberapa kondisi retinal dan kornea || Terkadang terlihat: meningitis, keseleo patela, epilepsi, hipotiroidisme, penyakit diskus intervertebralis || Tes yang disarankan: pinggul, mata || Rentang hidup: 12–14 tahun


MENGENAI PETIT BASSET GRIFFON VENDEEN

Terjemahan sederhana dari nama trah ini yaitu : Petit (kecil), Basset (rendah), Griffon (berlapis kasar), Vendéen (dari wilayah Vendée di Prancis). Gabungan dari itu semua dapat terlihat bahwa anjing ini adalah anjing kecil, dengan tinggi 13 sampai 15 inci dari bahu, dengan kaki pendek tapi kuat dan bulu kusut yang kasar, dikembangkan dengan tujuan untuk berburu kelinci di pantai barat Prancis yang berbatu. Ciri khas lain dari anjing kecil ini adalah kepala yang dibawa dengan tegak, ekor layaknya pedang, dan gonggongan anjing yang keras.

SEJARAH

Medan di daerah Vendée bukan untuk anjing biasa. Dibutuhkan anjing yang tangguh, ulet, dan keras kepala untuk tetap bertahan sebagai pemburu di tengah bebatuan dan semak belukar yang lebat di pesisir Prancis. Bulu kasar Petit Basset Griffon Vendéen sengaja dibuat untuk melindunginya dari lingkungan yang keras ini. Bahkan alis gagah, janggut, dan kumis yang memberikan pesona kepada ras ini tidak hanya untuk estetika melainkan melindungi area sensitif wajah dari duri dan semak belukar.

Bersama dengan 27 ras anjing lainnya, Petit Basset Griffon Vendéen (PBGV) dibiakkan di Prancis bahkan hingga hari ini untuk tujuan aslinya yaitu berburu hewan melalui indra penciumannya. Variasi ukuran dalam setiap jenis dikembangkan untuk berburu mangsa yang berbeda. Grand Basset Griffon Vendéen yang lebih besar digunakan untuk mengejar roedeer dan serigala, sedangkan PBGV yang lebih kecil digunakan untuk berburu kelinci.

Pada awal abad ke-20, Paul Dezamy, presiden dari Club du Basset Griffon Vendéen yang baru dibentuk, membuat standar untuk trah ini. Namun, standar awal ini mencakup Grand dan Petit karena keduanya berasal dari tandu yang sama pada saat itu. Standar 1909 untuk "Basset Griffon Vendéen" akhirnya mengenali dua ukuran yang berbeda: 13-15 inci dan 15-17 inci. Baru pada tahun 1950-an PBGV menerima standarnya sendiri dan dianggap sebagai ras yang terpisah, meskipun kawin silang antar ukuran masih dapat diterima hingga tahun 1975 ketika Hubert Dezamy, presiden ketiga klub, mengakhirinya.

AKC mengakui Petit Basset Griffon Vendéen pada tahun 1990, dan sejak itu anjing ini telah menarik banyak pengagum baru karena sifatnya yang ceria dan penampilannya yang kusut.

NUTRISI MAKANAN

Petit Basset Griffon Vendéen sebaiknya diberikan makanan anjing berkualitas tinggi, baik yang diproduksi secara komersial atau disiapkan di rumah dengan pengawasan dan persetujuan dokter hewan Anda. Makanan apa pun harus sesuai dengan usia anjing (anak anjing, dewasa, atau senior). Beberapa Petit Basset Griffon Vendéen cenderung kelebihan berat badan, jadi perhatikan konsumsi kalori dan tingkat berat badan anjing Anda. Camilan bisa menjadi bantuan penting dalam pelatihan, tetapi memberi terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas. Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Tanyakan kepada dokter hewan Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang berat badan atau diet anjing Anda. Air bersih dan segar harus tersedia setiap saat.

PERAWATAN

Lapisan bulu Petit Basset Griffon Vendéen adalah salah satu kualitasnya yang paling khas, tetapi dapat menjadi sumber frustrasi bagi mereka yang tidak terbiasa menghadapinya. Dengan karakteristik bulu yang kasar dan tebal, takheran banyak orang yang menyamakannya dengan bulu kambing. Pemangkasan harus dilakukan seminimal mungkin. Penampilan kusut Petit Basset Griffon Vendéen adalah bagian dari pesonanya. Mandi yang baik dan menyeluruh serta memotong kuku merupakan hal yang baik untuk anjing ini. Telinga harus diperiksa setiap minggu, dan kotoran yang berlebihan harus dibuang untuk menghindari infeksi.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Petit Basset Griffon Vendéen adalah anjing yang sangat aktif dan penuh rasa ingin tahu yang membutuhkan banyak latihan. Dia pasti punya banyak ruang untuk berkelana dan menjelajah. Petit Basset Griffon Vendéen memiliki indra penciuman yang luar biasa dan keinginan yang sering kali tak tertahankan untuk mengikuti aroma yang menarik baginya, jadi melatihnya saat berada di luar halaman harus selalu dilakukan dengan tali, karena ia akan cenderung mengikuti hidungnya dan mengabaikan yang lainnya. Dia bisa menjadi teman yang baik untuk pejalan kaki, pelari, atau pengendara sepeda yang menyukai pasangan aktif dalam tamasya.

PELATIHAN

Petit Basset Griffon Vendéen memiliki reputasi sebagai anjing yang sulit untuk dilatih. Faktanya, mereka sangat cerdas, tetapi mereka cenderung memiliki pikiran sendiri. Sosialisasi dan pelatihan kepatuhan harus dimulai sejak dini dan akan mengajarkan anjing ini menjadi pendamping yang baik. Pelatih harus selangkah lebih maju dalam menjaga anjingnya terhibur dan tertarik dengan apa yang dia coba ajarkan.

STANDAR PETIT BASSET GRIFFON VENDEEN: PDF dari AKC

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.
 


#PetitBassetGriffonVendeen #HoundGroup #Anjing #AnjingK9