Pomeranian

Nama Group : Toy Group | Level Aktifitas : Membutuhkan Latihan rutin | Level Energi : Sedang | Level Gonggongan : Sedang | Karakter : Trah Anjing Terkecil | Ukuran : Sangat Kecil | Asal-Usul : Jerman | Lingkungan : Mampu beradaptasi di lingkungan apapun | Bulu : Panjang | Jenis Bulu Rontok : Musiman | Pelatihan : Bersedia melakukan apapun yang diperintahkan | Keluarga : Baik untuk anjing keluarga, namun bukan untuk anak kecil | Umur : 12 - 16 Tahun


ISSUE KESEHATAN

Kekhawatiran utama: keseleo patela || Perhatian kecil: fontanel terbuka, hipoglikemia, keseleo bahu, PRA, entropion || Kadang-kadang terlihat: kolaps trakea, PDA, Legg-Perthes || Tes yang disarankan: lutut, mata, jantung, pinggul || Rentang hidup: 12–16 tahun


MENGENAI POMERANIAN

Pomeranian adalah anjing yang pintar, bersemangat untuk belajar, aktif, dapat dijadikan teman yang menyenangkan serta sangat setia pada majikan dan keluarganya. Anjing Pom biasanya mudah bersahabat dengan anjing lain. Ajarilah anjing ini sejak awal bahwa tidak masalah jika menggonggong saat bel pintu berbunyi atau pada saat ada orang asing datang, namun setelah itu harus tetap tenang (harus konsisten akan hal ini). Anjing ceria ini sangat mudah diajari saat masih kecil. Pomeranian harus diperlihatkan bahwa pemiliknya adalah bos atau mereka akan menjadi anjing yang suka menuntut.

Jika Anda membiarkan anjing Anda untuk mengatur kapan dan bagaimana suatu hal dilakukan maka Anda memiliki masalah yang potensial dan Anda mungkin tidak menyadarinya. Hal tersebut bukan tindakan yang baik dan cerdas, namun merupakan tindakan dominan yang akan semakin menjadi di masa mendatang. Karena ukurannya yang kecil dan memiliki wajah yang menggemaskan, maka kebanyakan anjing Pom mengalami sindrom Anjing Kecil (Small Dog Syndrome) yang disebabkan oleh perilaku majikannya, dimana si anjing percaya bahwa mereka adalah Pack Leader dan bukan manusia.

Hal ini bisa menimbulkan berbagai masalah prilaku seperti sifat temperamental, tidak ragu-ragu untuk menyerang anjing besar, menggeram,menggigit, dan menggonggong berlebihan karena mencoba untuk memberitahu manusia apa yang mereka inginkan. Jika anjing Pom diberikan peraturan tegas yang harus diikuti, batasan-batasan apa saja yang boleh/tidak boleh dilakukan, berjalan harian bersama kawanan anjing lainnya juga Anda menjadi Pack Leader yang tegas, percaya diri dan tenang, maka hal ini akan menghasilkan anjing Pom yang dapat dipercaya, mental yang stabil dan menjadi teman keluarga yang menyenangkan.

SEJARAH

Pomeranian adalah miniatur anjing kereta luncur tipe Spitz yang kuat di Kutub Utara. Trah ini dinamai Pomerania, wilayah Eropa timur laut yang sekarang menjadi bagian dari Polandia dan Jerman barat. Di sanalah, ratusan tahun yang lalu, nenek moyang Pom dibesarkan dari sepupu mereka yang jauh lebih besar dan lebih besar.Pom, juga dikenal sebagai Zwergspitz di beberapa negara, yang adalah ras spitz terkecil. Dengan penampilan elegan dan penampilan anggunnya, bisa dikatakan Pom "menggambarkan seorang ratu". Popularitas Pom sebagian besar disebabkan oleh Ratu Victoria, yang jatuh cinta dengan trah ini saat mengunjungi Florence, Italia.

Ketika Ratu kembali ke Inggris dengan membawa Pom, ketenaran trah ini terjamin.Victoria menjadi peternak yang serius dan peserta pameran Pom. Pada pameran anjing Crufts tahun 1891, Ratu Victoria menunjukkan enam dari pembiakannya. Salah satu favoritnya, Windsor Marco, memenangkan tempat pertama dalam trah ini. (Seorang sejarawan Inggris menulis, "Akan menjadi hakim yang berani untuk menempatkannya yang kedua."). Pomeranian yang asli lebih besar, beratnya sampai 30 pon dan digunakan sebagai penggembala domba namun Ratu Victoria yang pertama kali memulai menghasilkan Pom dengan ukuran yang lebih kecil. Dilaporkan bahwa ketika ratu terbaring sekarat pada tahun 1901, Pom kesayangannya, Turi, terus berjaga di kaki tempat tidurnya.

Pada tahun 1870 Klub Kennel di Inggris, pertama kali mengenalkan anjing Pom sebagai salah satu jenis turunan anjing. Pomeranian pertama kali diperkenalkan oleh AKC pada tahun 1888.

NUTRISI MAKANAN

Anjing Pomeranian disarankan diberikan makanan anjing berkualitas tinggi, baik yang diproduksi secara komersial atau disiapkan di rumah dengan pengawasan dan persetujuan dokter hewan Anda. Makanan apa pun harus sesuai dengan usia anjing (anak anjing, dewasa, atau senior). Beberapa anjing cenderung kelebihan berat badan, jadi perhatikan konsumsi kalori dan tingkat berat badannya. Camilan bisa menjadi bantuan penting dalam pelatihan, tetapi memberi terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas. Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Tanyakan kepada dokter hewan Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang berat badan atau diet anjing Anda. Air bersih dan segar harus tersedia setiap saat.

PERAWATAN

Bulu Pomeranian yang lebat adalah salah satu fiturnya yang paling menonjol. Sering menyikat memang perlu untuk menjaga keindahan bulu yang kita kagumi. Sikat bulu anjing dengan sikat peniti dan sikat licin ke kulit seminggu sekali agar bulu tidak kusut. Pomeranian adalah anjing yang aktif, jadi penting untuk menjaga kukunya tetap pendek. Sangat disarankan agar Anda mencari penata rambut untuk melakukan perawatan menyeluruh — termasuk mandi, menyikat, telinga, kuku, dan kelenjar anal — setiap empat hingga enam minggu, jika Anda merasa tidak nyaman melakukannya di rumah. Anda juga harus memperhatikan gigi Pom. Ada baiknya untuk menyikat giginya juga selama sesi perawatan mingguan mereka.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Seperti Pomeranians kebanyakan jenis ini menikmati menjadi anjing peliharaan dan teman keluarga, mereka mendapat manfaat dari beberapa latihan dan menikmati kesempatan untuk berlari, bermain, dan berjalan-jalan. Pastikan untuk tetap memperhatikan Pom Anda saat dia berada di luar. Mereka terkenal karena melarikan diri melalui celah-celah kecil atau celah dalam pagar, atau memanjat pagar pendek. Ras kecil seperti Pomeranians dapat disalahartikan sebagai kelinci atau tupai oleh burung pemangsa besar seperti elang dan burung hantu, jadi penting untuk menjaga Pom tetap terlindungi setiap saat. Saat membawa Pom Anda berjalan-jalan, berhati-hatilah dengan lingkungan sekitar Anda. Anjing lain yang tidak terkontrol dapat dengan mudah melukai Pom Anda.

PELATIHAN

Pom harus dilatih untuk berjalan dengan tali sejak dini dan diajari untuk datang saat dipanggil. Membobol rumah bisa menjadi tantangan, jadi konsistensi dan kesabaran adalah kuncinya. Penting untuk menjaga Pom Anda agar tidak melompat-lompat dari sofa atau tempat tidur, karena dapat melukai persendian atau bahkan mematahkan tulang. Pom waspada dan sangat cerdas, dan mereka menikmati dan dapat unggul dalam aktivitas anjing seperti ketangkasan, reli, dan kepatuhan, atau bekerja sebagai anjing terapi.

STANDAR POMERANIAN: PDF dari AKC

 

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.


#Pomeranian #ToyGroup #Anjing #AnjingK9