Bouvier des Flandres

Nama Group : Herding Group [Anjing Penggembala] | Level Aktifitas : Energik | Level Energi : Tinggi | Level Gonggongan : Sedang | Karakter : Trah Anjing Terbesar | Ukuran : Besar | Asal-Usul : Belgia | Lingkungan : Rumah dengan halaman yang luas | Bulu : Sedang | Jenis Bulu Rontok : Musiman | Pelatihan : Sangat Manut | Keluarga : Cocok untuk keluarga terlatih | Umur : 10 - 12 Tahun


ISSUE KESEHATAN

Kekhawatiran utama: PJK, glaukoma, displasia siku, SAS || Kekhawatiran kecil: hipotiroidisme || Sesekali terlihat: tidak ada || Tes yang disarankan: pinggul, siku, jantung, (mata) || Rentang hidup: 10–12 tahun


MENGENAI BOUVIER DES FLANDRES

Jenis ini adalah ras serbaguna yang mampu melakukan berbagai fungsi, termasuk penggembala, pekerja, dan pelindung. Karena itu, anjing ini merupakan penggabungan antara kekuatan yang hebat dengan kelincahan dan daya tahan. Bouvier des Flandres adalah anjing yang kompak, memiliki kaki yang pendek, dengan proporsi persegi dan penampilan yang kasar. Kiprah Bouvier bebas, berani, dan bangga. Bulu dengan lapisan bawah yang halus dan lapisan luar yang keras dan kering. Kepalanya diperkuat dengan janggut dan kumis, yang menambah ekspresi berani dan waspada anjing tersebut.

SEJARAH

Bouvier des Flandres melayani para petani dan pedagang ternak dalam membimbing ternak di lahan pertanian besar di Flanders barat daya dan di dataran utara Prancis. Padahal, bouvier berarti gembala sapi atau gembala dalam bahasa Prancis, meskipun anjing-anjing tersebut sebelumnya lebih sering disebut Vuilbaard (janggut kotor) atau koe hond (anjing sapi). Selain tugas utama mereka sebagai penggembala ternak, Bouvier adalah anjing yang serba bisa, berfungsi juga sebagai pelindung rumah dan pertanian. Seperti yang diharapkan dari seekor anjing yang dipilih untuk melakukan berbagai tugas, anjing pekerja ini terdiri dari berbagai jenis, warna, dan bahkan ukuran. Variasi yang luas ini juga mencerminkan fakta bahwa ini adalah anjing pekerja, dan mereka dipilih berdasarkan kemampuan, bukan silsilah atau estetika. Asal mula pasti dari trah ini tidak didokumentasikan tapi mungkin termasuk trah mastiff, anjing gembala, dan bahkan mungkin spaniel. Standar breed pertama, dibuat pada tahun 1912, mencerminkan keragaman tipe ini dan menandakan minat yang meningkat pada anjing ini.

Di tengah popularitas mereka yang meningkat, sebagian besar Bouviers hilang dalam Perang Dunia I, meskipun beberapa Bouvier bertugas sebagai anjing pembawa pesan selama perang. Salah satu dari sedikit yang selamat memiliki kualitas unggul sehingga trah ini berhasil dihidupkan kembali melalui keturunannya. Anjing ini, Champion Nic de Sottegem, dapat ditemukan di hampir semua silsilah Bouvier modern. Pada tahun 1922, standar yang telah direvisi lebih lanjut mendefinisikan jenis Bouvier yang diinginkan, dan membantu membuka jalan ke jenis yang lebih homogen. Ketika Bouviers pertama memasuki ajang pertunjukan Amerika pada tahun 1931, mereka berhasil menarik banyak perhatian. Trah ini tidak pernah menjadi sangat populer sebagai hewan peliharaan, tetapi populer dalam hal uji coba penggembalaan.

NUTRISI MAKANAN

Bouvier sebaiknya diberikan makanan anjing berkualitas tinggi, baik yang diproduksi secara komersial atau disiapkan di rumah dengan pengawasan dan persetujuan dokter hewan. Semua makanan harus sesuai dengan usia anjing (anak anjing, dewasa, atau senior), dan Bouvier membutuhkan makanan yang lebih rendah protein daripada kebanyakan ras lainnya. Beberapa anjing cenderung kelebihan berat badan, jadi perhatikan konsumsi kalori dan tingkat berat badannya. Camilan bisa menjadi bantuan penting dalam pelatihan, tetapi memberi terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas. Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Tanyakan kepada dokter hewan Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang berat badan atau diet anjing Anda. Air bersih dan segar harus tersedia setiap saat.

PERAWATAN

Bulu Bouvier perlu disikat sekali atau dua kali seminggu. Sikat licin atau sikat jepit yang bagus dan sisir besar bisa digunakan. Janggut mungkin perlu dibersihkan pada waktu yang sama, dan kuku kaki anjing harus dipangkas setiap satu atau dua minggu.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Bouvier dibesarkan untuk melakukan semua yang perlu dilakukan di lumbung dan padang rumput kecuali memerah susu sapi. Mereka akan merasa bahagia saat mereka tetap sibuk. Bouvier yang bosan bisa menjadi anjing yang agresif dan merusak. Mereka sangat cocok untuk rumah tangga yang aktif dengan pemilik yang senang mendaki atau jogging atau bahkan bersepeda. Bouvier membutuhkan area latihan yang luas dan tertutup di mana ia dapat bermain-main dan bermain, sebaiknya dengan anjing atau anak-anak lain yang akan menjaganya dalam kondisi baik baik secara mental maupun fisik. Olahraga berat harus dibatasi selama ia masih kecil.

PELATIHAN

Bouvier paling bahagia saat dia memiliki pekerjaan yang harus dilakukan, apakah pekerjaan itu mengasuh anak, menggiring, kepatuhan, atau anjing penjaga atau pekerjaan penyelamatan. Bouviers mudah dilatih untuk melakukan hampir semua jenis olahraga atau aktivitas anjing, dan mereka biasanya mahir dalam hal itu. Mereka memiliki dorongan untuk mengejar sesuatu yang bergerak sehingga harus disosialisasikan dengan baik sejak awal. Mereka adalah pemain sandiwara yang sempurna dan menikmati bekerja atau bersaing dengan pemiliknya di sisi mereka. Sangat ingin sekali menyenangkan, begitu mereka tahu apa yang Anda ingin mereka lakukan, mereka akan melakukan yang terbaik untuk memuaskan Anda. Trah ini sangat cocok untuk pekerjaan pencarian dan penyelamatan dan beradaptasi dengan pelatihan dengan mudah.

STANDAR BOUVIER DES FLANDRES: PDF dari AKC

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.
 


#BouvierdesFlandres #HerdingGroup #Anjing #AnjingK9