Maltese

Nama Group : Toy Group | Level Aktifitas : Membutuhkan Latihan rutin | Level Energi : Sedang | Level Gonggongan : Sedang | Karakter : Trah Anjing Terkecil | Ukuran : Sangat Kecil | Asal-Usul : Malta | Lingkungan : Mampu beradaptasi di lingkungan apapun | Bulu : Pendek | Jenis Bulu Rontok : Jarang | Pelatihan : Bersedia melakukan apapun yang diperintahkan | Keluarga : Perlu diawasi untuk anak kecil | Umur : 12 - 15 tahun


ISSUE KESEHATAN

Kekhawatiran utama: tidak ada || Masalah kecil: keseleo patela, fontanel terbuka, hipoglikemia, hidrosefalus, distikiasis, entropion, masalah gigi, hipotiroidisme, portacaval shunt || Kadang-kadang terlihat: tuli || Tes yang disarankan: lutut, mata, jantung || Rentang hidup: 12–15 tahun


MENGENAI MALTESE

Maltese adalah anjing mainan penyayang dengan berat kurang dari tujuh pon, ditutupi oleh bulu yang panjang, lurus, dan halus. Di bawah bulu yang serba putih ada tubuh yang bergerak dengan gaya berjalan yang mulus dan mudah. Keseluruhan gambar menggambarkan keanggunan dan keseimbangan yang mengalir bebas. Wajah Maltese yang sangat menarik — dengan mata besar, gelap, dan hidung layaknya setitik permen karet hitam — bisa mengatasi letih.Terlepas dari sikap aristokrat mereka, Maltase adalah hewan peliharaan yang kuat dan mudah beradaptasi. Ekspresinya lembut namun waspada. 

Anjing ini termasuk jenis yang rendah hati, berumur panjang, dan senang menjalin pertemanan baru dari segala usia. Terkadang keras kepala, mereka merespons dengan baik pelatihan berbasis penghargaan.

SEJARAH

Maltese adalah ras mainan Eropa yang paling kuno, dan di antara yang tertua dari semua ras. Pulau Malta adalah pelabuhan perdagangan yang dikunjungi oleh para pelaut Fenisia pada 1500 SM. Anjing Maltese secara khusus disebutkan dalam tulisan-tulisan sejak 300 SM. Ada bukti bahwa mereka bahkan mendirikan kuburan untuk Maltese yang disukai. Meskipun anjing sering diekspor dan kemudian didistribusikan secara luas ke seluruh Eropa dan Timur, populasi inti di Malta tetap relatif terisolasi dari anjing lain, menghasilkan anjing khas yang berkembang biak selama berabad-abad. Meskipun ciri khas Maltese adalah rambut putihnya yang panjang, halus, dan mempesona, Maltese pada awalnya memiliki warna selain putih.

Pada awal abad keempat belas, Maltese telah dibawa ke Inggris, di mana mereka menjadi kesayangan kelas atas. Penulis abad-abad berikutnya terus-menerus mengomentari ukurannya yang kecil. Anjing-anjing kecil ini tetap saja tidak pernah menjadi anjing biasa pada umumnya, dan lukisan tahun 1830 berjudul "The Lion Dog from Malta—Last of His Race" menunjukkan bahwa ras ini mungkin dalam bahaya kepunahan. Segera setelah itu, dua ekor Maltese dibawa ke Inggris dari Manila. Meski awalnya dimaksudkan sebagai hadiah untuk Ratu Victoria, mereka beralih ke tangan lain dan keturunan mereka menjadi Maltese pertama yang dipamerkan di Inggris.

Pada saat ini, mereka disebut Maltese Terrier, meskipun tidak memiliki keturunan atau karakteristik terrier. Di Amerika, anjing Maltese pertama ditampilkan sebagai Anjing Singa Maltese sekitar tahun 1877. Nama anjing singa mungkin muncul dari kebiasaan para peternak anjing, terutama yang berada di Timur, untuk memangkas anjing agar terlihat seperti singa. AKC mengakui trah ini sebagai trah Maltese pada tahun 1888. The Maltese perlahan-lahan meningkat popularitasnya, dan sekarang peringkatnya sebagai salah satu anjing trah mainan yang lebih populer.

NUTRISI MAKANAN

Disarankan untuk memberikan makanan anjing berkualitas tinggi, baik yang diproduksi secara komersial atau disiapkan di rumah dengan pengawasan dan persetujuan dokter hewan. Makanan apa pun harus sesuai dengan usia anjing (anak anjing, dewasa, atau senior). Beberapa anjing cenderung kelebihan berat badan, jadi perhatikan konsumsi kalori dan tingkat berat badannya. Camilan bisa menjadi bantuan penting dalam pelatihan, tetapi memberi terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas. Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Tanyakan kepada dokter hewan Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang berat badan atau diet anjing Anda. Air bersih dan segar harus tersedia setiap saat.

PERAWATAN

Bulu panjang dan putih dari Maltese sangat menarik dan indah. Ini membutuhkan penyikatan lembut setiap hari dan menyisir bulunya untuk mencegah kusut. Maltese juga harus dimandikan secara teratur agar rambut mereka tetap terlihat baik. Mereka memiliki kuku yang tumbuh cepat yang harus dipangkas secara teratur. Periksa telinganya setiap minggu, dan bersihkan sisa rambut dan kotoran yang menumpuk. Karena Maltese rentan terhadap penyakit gigi seiring bertambahnya usia, gigi mereka harus sering disikat — idealnya setiap kali bulu mereka disikat giginya juga disikat. Jika anjing mengalami noda air mata yang berlebihan di sekitar mata, disarankan untuk mengunjungi dokter hewan untuk mengetahui kemungkinan penyebabnya.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Maltese penuh energi tetapi hanya membutuhkan olahraga sesekali agar mereka tetap sehat dan bahagia. Jalan-jalan setiap hari dengan pemiliknya atau berjalan-jalan di halaman berpagar, atau bahkan di dalam ruangan, biasanya sudah cukup untuk membuat mereka tetap fit.

PELATIHAN

Maltese sangat cerdas, dan selama berabad-abad menjadi sahabat manusia, mereka telah belajar bagaimana mendapatkan apa yang mereka inginkan dari tuannya. Penting untuk konsisten dengan pelatihan mereka. Anjing Maltese merupakan anjing atletis dan berbakat. Mereka bisa keras kepala dan teguh, tetapi mereka merespons dengan baik metode pelatihan yang positif.

 

STANDAR MALTESE : PDF dari AKC

 

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.


#Maltese #ToyGroup #Anjing #AnjingK9