Chinese Crested

Nama Group : Toy Group | Level Aktifitas : Membutuhkan Latihan rutin | Level Energi : Sedang | Level Gonggongan : Sedang | Karakter : Trah Anjing Terkecil | Ukuran : Sangat Kecil | Asal-Usul : China | Lingkungan : Cocok untuk lingkungan apartement | Bulu : Tidak Berbulu | Jenis Bulu Rontok : Sesekali | Pelatihan : Bersedia melakukan apapun yang diperintahkan | Keluarga : Anjing Keluarga | Umur : 13-18 Tahun


ISSUE KESEHATAN

Kekhawatiran utama: PRA, glaukoma, keseleo lensa || Masalah kecil: tuli, kejang, keseleo patela Kadang terlihat: Legg-Perthes • Tes yang disarankan: mata, pendengaran, lutut, jantung || Rentang hidup: 13–18 tahun || Catatan: Kulitnya rentan terhadap komedo, sengatan matahari, alergi wol, dan gigi tanggal.


MENGENAI CHINESE CRESTED

Chinese crested adalah jenis anjing kecil yang bertubuh ramping, moncong tajam, dengan tubuh sedikit lebih panjang daripada tinggi. Gaya berlarinya aktif dan gesit. Jenis ini memiliki ekspresi yang waspada dan intens. Anjing chinese crested terdiri dari dua jenis, yaitu hairless (hampir tidak berbulu) dan powder puff (berbulu). Pada jenis hairless, hampir sebagian besar tubuhnya tidak berbulu dan hanya ada bulu-bulu halus pada area kepala (jambul), ekor (yang mungkin hanya sebagian yang tertutup bulu), dan kaki dan bagian bawah kaki. Kulitnya licin dan halus. Pada jenis powder-puff, seluruh tubuh ditutupi dengan bulu halus lembut yang cukup padat dan panjang.

Setiap Chinese crested memiliki gen resesif untuk jenis powder puff karena itu dalam satu kelahiran atau satu keturunan yang sama bisa muncul dua jenis ini (hairless dan powder-puff).

Chinese crested merupakan kombinasi dari anjing yang suka bermain-main, anjing lap dog yang lembut dan teman peliharaan yang sensitif. Anjing ini sangat setia dengan keluarganya dan bersedia untuk menyenangkan tuannya, selain itu juga baik dengan anjing lain, hewan peliharaan lain dan orang yang tidak dikenal. Mereka juga termasuk anjing yang tidak sering menggonggong. Akan lebih baik jika disosialisasikan sejak usia dini.

SEJARAH

Asal usul Chinese crested sulit untuk dilacak. Anjing jenis hairless tampaknya muncul dari hasil mutasi genetik dari berbagai dunia, tetapi hanya Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang benar-benar melestarikannya. Namun, Chinese Crested tampaknya dikembangkan di Afrika, karena beberapa ada yang meyakini bahwa para pedagang Cina menemukannya di Afrika selatan dan membawa mereka ke China pada abad ke 13. Para pelaut Cina dikatakan memelihara anjing ini di kapal untuk penangkap tikus dan sebagai koleksi unik, dan untuk dijual kepada para pedagang lokal dan ke berbagai dunia seperti Turkey, Mesir, Afrika selatan dan kemungkinan di Amerika Tengah dan Selatan.

Hanya pada tahun 1800-an jejak anjing hairless ini terekam di Eropa, pada lukisan dan kemudian, pada foto-foto, termasuk salah satunya anjing jenis chinese crested. Pada akhir 1800-an, Chinese crested menemukan pendukungnya bernama Ida Garret seorang warga Amerika yang mempopulerkan beberapa tipe anjing hairless. Dengan bantuan dari beberapa breeder yang berdedikasi (termasuk salah satunya yang cukup terkenal Gypsy Rose Lee, penari burlesque), anjing Chinese Crested secara bertahap mulai mendapatkan pengagum baik di Amerika dan Eropa. Tahun 1991, setelah usaha yang dilakukan selama seabad, ras ini diakui oleh AKC.

Anjing Chinese crested dengan cepat menjadi populer dikalangan para penggemar dog show, tetapi di kalangan pet owner, ras ini popularitasnya tidak secepat dibandingkan diantara para penggemar dog show. Namun, seiring ras ini mulai dikenal luas, situasinya hampir dipastikan berubah.

NUTRISI MAKANAN

Disarakan untuk memberikan makanan anjing berkualitas tinggi yang sesuai dengan usia anjing (anak anjing, dewasa, atau senior) dan diformulasikan secara ideal untuk ras kecil atau mainan yang memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan Chinese Crested. Beberapa anjing cenderung kelebihan berat badan, jadi perhatikan konsumsi kalori dan tingkat berat badannya. Camilan bisa menjadi bantuan penting dalam pelatihan, tetapi memberi terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas. Berikan saja secukupnya, jika ada, terutama hindari tulang yang dimasak dan makanan dengan kandungan lemak tinggi. Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Tanyakan kepada dokter hewan Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang berat badan atau diet anjing Anda.

PERAWATAN

Anda mungkin mengira bahwa variasi Chinese Crested yang tidak berbulu hampir tidak memerlukan perawatan. Bagaimanapun, dia tidak punya rambut. Namun karena kulitnya yang terpapar, jenis anjing ini yang tidak berbulu rentan mengalami iritasi kulit, alergi, dan sengatan matahari. Perawatan yang cermat, termasuk perawatan kulit khusus untuk jenis kulit anjing, tabir surya, dan lotion jerawat diperlukan untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan. Versi Powderpuff perlu disikat setiap hari untuk menjaga bulunya yang halus. Bulu Powderpuff berbeda dengan kebanyakan anjing lainnya. Lapisan bawah lebih pendek dari lapisan yang lebih panjang, yang merupakan kebalikan dari kebanyakan ras berbulu. Ini membuatnya lebih mudah disikat, tetapi bulunya bisa cepat kusut.

KEBUTUHAN OLAHRAGA

Kebutuhan latihan Chinese Crested biasanya dapat dipenuhi dengan jalan-jalan singkat setiap hari dengan pemiliknya dan sesi bermain di halaman belakang rumahnya. Baik bagi jenis anjing ini untuk berolahraga di luar ruangan, tetapi berhati-hatilah saat menggunakan tabir surya atau mengenakan pakaian pelindung padanya. Ini adalah anjing kecil tangguh yang bisa sangat kompetitif dalam olahraga anjing.

PELATIHAN

Chinese Crested senang menghabiskan waktu dengan pemiliknya. Ini membuatnya menjadi kandidat yang bagus untuk olahraga kompetitif seperti ketangkasan, bola terbang, dan kepatuhan, dan mereka bisa menjadi anjing terapi yang hebat. Mereka memiliki sifat yang sangat sensitif dan harus dilatih dengan kesabaran yang lembut. Kata-kata kasar dan tindakan negatif dari Anda dapat merusak hubungan Anda hingga dia tidak akan tertarik untuk belajar lebih jauh dari Anda.

 

STANDAR CHINESE CRESTED : PDF dari AKC

 

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.


#ChineseCrested #Toy #Anjing #AnjingK9