Great Dane

Nama Group : Working group [Anjing pekerja] | Level Aktifitas : Energik | Level Energi : Rendah | Level Gonggongan : Sedang | Karakter : Trah Anjing Terbesar | Ukuran : Sangat Besar | Asal-Usul : Jerman | Lingkungan : Rumah dengan halaman yang luas | Bulu : Halus | Jenis Bulu Rontok : Musiman | Pelatihan : Sangat Manut | Keluarga : Anjing Keluarga | Umur : 7 - 10 Tahun


ISSUE KESEHATAN

Kekhawatiran utama: torsi lambung, kardiomiopati, osteosarkoma || Masalah kecil: PJK, CVI (sindrom Wobbler), OCD, HOD, hipotiroidisme || Kadang terlihat: vWD, katarak, entropion || Tes yang disarankan: jantung, pinggul, mata, tiroid, jantung || Rentang hidup: 7–10 tahun 


MENGENAI GREAT DANE

Anjing ini memiliki tinggi hampir mencapai 32 inci. Langkah kaki yang anggun dan mulus menggambarkan layaknya seorang bangsawan. Bulu anjing ini memiliki warna dan pola yang berbeda, mungkin yang paling terkenal adalah pola tambal sulam hitam-putih yang dikenal sebagai "harlequin". Meskipun sifatnya manis, anjing ini merupakan jenis anjing penjaga rumah yang waspada. Hanya dengan melihat postur tubuh anjing ini, penyusup akan berpikir dua kali untuk tetap masuk ke dalam rumah. Sabar dengan anak-anak, anjing ini adalah jenis anjing yang mudah berteman.

SEJARAH

Dijuluki "Apollo of Dogs", Great Dane mungkin saja perpaduan dari jenis anjing perang Molossus kuno dan Greyhound. Memiliki leluhur seperti itu, tidak heran apabila Great Dane menjadi anjing pemburu yang tak kenal takut. Pada abad keempat belas, anjing-anjing ini membuktikan diri mereka sebagai pemburu yang andal di Jerman, menggabungkan kecepatan, stamina, kekuatan, dan keberanian untuk menjatuhkan babi hutan yang tangguh. Anjing-anjing itu menjadi populer di kalangan bangsawan bukan hanya karena kemampuan berburu mereka tetapi juga karena penampilan mereka yang mengesankan namun anggun.

Orang Inggris yang akrab dengan trah ini pertama kali menyebut mereka sebagai German Boarhounds. Tepatnya kapan dan mengapa trah ini kemudian dijuluki Great Dane masih menjadi misteri. Anjing ini dinyatakan sebagai anjing nasional Jerman pada tahun 1876. Pada tahun 1880 pihak berwenang Jerman menyatakan bahwa anjing itu seharusnya dinamai Deutsche Dogge, nama yang biasanya digunakan orang Jerman. Akan tetapi, orang Inggris tetap menamainya Great Dane. Pada akhir 1800-an, Great Dane telah datang ke Amerika. Dari awal kedatangannya sampai saat ini, trah ini tetap saja menarik perhatian. Rekor anjing tertinggi di dunia telah dipegang oleh beberapa Great Dane.

NUTRISI MAKANAN

Great Dane sebaiknya diberikan makanan anjing berkualitas tinggi yang sesuai dengan usia anjing (anak anjing, dewasa, atau senior). Berikan cemilan secukupnya, terutama hindari tulang yang dimasak dan makanan dengan kandungan lemak tinggi. Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Pemilik harus menyadari bahwa pembunuh nomor satu dari trah ini adalah kembung, di mana perutnya membengkak dan bengkok. Penyebab kembung belum sepenuhnya dipahami, tetapi para ahli setuju bahwa makan sedikit lebih banyak setiap hari dan mencegah olahraga berat di sekitar waktu makan dapat membantu mengurangi kemungkinan hal itu terjadi.

PERAWATAN

Hampir sepanjang tahun, bulu Great Dane yang pendek dan halus tidak banyak mengalami kerontokan. Menyikat setiap minggu dengan sikat berbulu sedang, sarung tangan atau alat perawatan dari karet, atau sarung tangan anjing akan membantu menjaga agar bulu tidak mudah terlepas. Great Danes hanya perlu mandi sesekali, kecuali jika mereka mengalami sesuatu yang menyebabkannya koto atau bau. Seperti semua ras, kuku Great Dane harus dipangkas secara teratur, karena kuku yang terlalu panjang dapat menyebabkan anjing sakit serta kesulitan berjalan dan berlari.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Great Danes mungkin tampak tenang, tetapi mereka membutuhkan olahraga harian yang sesuai dengan usia mereka. Jalan cepat dua atau tiga kali sehari sudah cukup. Mereka bisa menjadi teman yang baik saat jalan santai atau mendaki, tetapi Anda harus menunggu sampai anjing berusia 2 tahun untuk menghindari kerusakan pada persendian yang sedang tumbuh. Karena risiko kembung, hindari olahraga berat di sekitar waktu makan. Great Dane cenderung mengikuti aroma yang menarik perhatiannya, jadi mereka harus selalu diikat dengan tali dan hanya dibiarkan lepas di area yang dilindungi dengan pagar tinggi. Banyak Great Danes senang berpartisipasi dalam ketangkasan, kepatuhan, acara pelacakan, angkat beban, dan olahraga seperti bola terbang.

PELATIHAN

Sosialisasi awal dan kelas pelatihan anak anjing sangat direkomendasikan. Untuk ras sebesar dan sekuat Great Dane, pelatihan kepatuhan adalah suatu keharusan. Sosialisasi dengan cara memperlihatkan anak anjing kepada berbagai macam orang, tempat, dan situasi akan membantunya berkembang menjadi anjing dewasa yang dapat menyesuaikan diri dengan baik. Great Danes mudah bergaul, ramah, bersemangat untuk menyenangkan, dan mereka merespons dengan baik metode pelatihan yang tegas dan konsisten. Mereka perlu memiliki kontak manusia, kasih sayang, dan sosialisasi dengan orang lain maupun hewan lain.

STANDAR GREAT DANE: PDF dari AKC

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.
 


#GreatDane #WorkingGroup #Anjing #AnjingK9