Doberman Pinscher

Nama Group : Working group [Anjing pekerja] | Level Aktifitas : Membutuhkan Banyak Aktivitas | Level Energi : Tinggi | Level Gonggongan : Sedang | Karakter : Trah Anjing Terbesar | Ukuran : Besar | Asal-Usul : Jerman | Lingkungan : Sensitif terhadap dingin | Bulu : Halus | Jenis Bulu Rontok : Secara teratur | Pelatihan : Bersedia melakukan apapun yang diperintahkan | Keluarga : Anjing Keluarga | Umur : 10 - 12 Tahun


ISSUE KESEHATAN

Kekhawatiran utama: CVI (sindrom wobbler), kardiomiopati || Kekhawatiran minor: vWD, demodikosis, osteosarcoma, torsio lambung, penyakit jantung koroner || Kadang terlihat: albinisme, hipotiroidisme, PRA, narkolepsi || Tes yang disarankan: jantung (monitor Holter), pinggul, mata, DNA untuk vWD, tiroid || Rentang hidup: 10–12 tahun || Catatan: Blue Doberman terkadang mengalami kerontokan rambut, Doberman "putih" adalah albino dan peka cahaya


MENGENAI DOBERMAN PINSCHER

Doberman adalah anjing yang bertubuh kekar, berotot, cepat, dan kuat serta memiliki tinggi 24 hingga 28 inci. Tubuhnya ramping tetapi besar, dan ditutupi dengan lapisan berkilau hitam, biru, merah, atau coklat kekuningan. Kualitas elegan ini, dikombinasikan dengan kepala yang berbentuk baji dan cara bergerak yang mudah dan atletis telah membuat Doberman mendapatkan reputasi sebagai bangsawannya diantara para anjing. Doberman sangat cocok dijadikan sebagai ajing penjaga.

SEJARAH

Hanya sedikit orang yang dapat mengklaim telah memberikan pengaruh yang begitu besar pada dunia anjing seperti Louis Dobermann dari Thuringen, Jerman. Herr Doberman adalah seorang pemungut pajak dari pintu ke pintu yang membutuhkan seekor anjing untuk menemaninya berkeliling. Pada akhir 1800-an ia mulai menciptakan anjing penjaga yang ramping dan waspada, kemungkinan besar dengan menyilangkan jenis German Shepherd dan German Pinscher, dengan Black, Tan Manchester Terrier, Greyhound, dan Weimaraner. Pada akhirnya dia mendapatkan prototipe dari trah yang sekarang menyandang namanya.

Doberman asli masih berperawakan agak berat dan berkepala bulat. Peternak berikutnya memilih anjing yang tampak lebih berani untuk disilangkan. Trah ini berkembang dalam waktu yang luar biasa, pada tahun 1899 klub ras pertama dibentuk. Trah ini terus menarik pujian, dan Doberman pertama tiba di Amerika pada tahun 1908. Anjing ini kemudian disukai di seluruh Eropa dan Amerika sebagai anjing polisi, dan juga sebagai anjing perang. Kehebatan mereka di bidang-bidang ini, tentu saja menjadikannya anjing populer dengan banyak pengagum sehingga dijadikan hewan peliharaan keluarga yang berharga. Siluet mereka yang dipahat dan sikap waspada yang tak kenal takut telah membuat Doberman menjadi pesaing utama sebagai anjing pertunjukan.

Seiring ketenaran mereka yang terus bertumbuh, banyak keluarga menghargai trah ini sebagai hewan peliharaan keluarga, dan Doberman akhirnya naik menjadi trah terpopuler kedua di Amerika pada tahun 1977. Sayangnya, media menganggap Dobe sebagai trah ganas dari ras mereka. Selama periode waktu yang sama, Doberman putih albinistik muncul. Dalam upaya untuk mengurangi kemungkinan menghasilkan anjing-anjing ini, Doberman Pinscher Club of America meyakinkan AKC untuk menandai nomor registrasi anjing dengan kemungkinan membawa gen albino dengan huruf Z (tes DNA sekarang tersedia).

NUTRISI MAKANAN

Memberi makanan anjing yang berkualitas tinggi sangat penting bagi Doberman. Anak anjing Doberman harus diberi makan makanan sesuai usia yang disetujui oleh peternak atau dokter hewan anjing tersebut. Camilan bisa menjadi bantuan penting dalam pelatihan, tetapi memberi terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas. Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Tanyakan kepada dokter hewan Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang berat badan atau diet anjing Anda. Air bersih dan segar dalam jumlah yang cukup harus tersedia setiap saat.

PERAWATAN

Meskipun sebagian besar merupakan ras “cuci dan pakai”, beberapa perawatan rutin akan membantu menjaga kondisi Doberman untuk tetap optimal. Menyikat bulunya setiap hari dengan sikat berbulu pendek atau sarung tangan perawatan akan menjaga bulunya tetap berkilau dan sehat. Dia tidak perlu sering-sering mandi. Kukunya harus dipotong setidaknya sebulan sekali, dan giginya disikat secara teratur. Telinganya harus dibersihkan dengan hati-hati setiap beberapa hari dengan bantuan sedikit baby oil. Dokter hewan Anda dapat menunjukkan cara membersihkan telinga anjing Anda untuk menghindari kerusakan dan selalu mengetahui potensi masalah.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Doberman adalah atlet energik yang membutuhkan banyak latihan dan melakukan permainan bebas. Seekor Doberman akan senang berjalan-jalan setiap hari dengan pemiliknya, dan alangkah baiknya apabila bermain di sekitar area yang berpagar untuk melatih kesehatan fisik dan mentalnya. Partisipasi dalam olahraga anjing seperti kepatuhan, pelacakan, dan ketangkasan akan memberikan latihan untuk pikiran dan tubuh serta waktu yang menyenangkan bersama untuk anjing dan pemilik.

PELATIHAN

Doberman sangat cerdas, belajar dengan mudah, merespons dengan cepat, dan dapat menyenangkan hati orang sekitarnya. Namun, mereka adalah anjing yang sangat kuat dan bisa menjadi pemaksa, perusak, dan tidak bisa diatur jika tidak dibesarkan dengan benar. Sosialisasi yang dimulai sejak masa kanak-kanak sangat penting, seperti pelatihan kepatuhan. Kelas pelatihan anak anjing juga sangat direkomendasikan. Merupakan tanggung jawab setiap pemilik Doberman untuk memastikan bahwa anjingnya dibesarkan untuk menjadi pendamping yang bahagia, dan sopan. Doberman harus selalu tinggal di dalam rumah bersama orang-orangnya, bukan di luar rumah.

STANDAR DOBERMAN PINSCHER: PDF dari AKC

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.

 


#DobermanPinscher #WorkingGroup #Anjing #AnjingK9