Dogo Argentino

Nama Group : Working group [Anjing pekerja] | Level Aktifitas : Membutuhkan Banyak Aktivitas | Level Energi : Tinggi | Level Gonggongan : Hanya Jika Diperlukan | Karakter : Trah Anjing Terbesar | Ukuran : Besar | Asal-Usul : Argentina | Lingkungan : Cocok untuk lingkungan hangat dan luas | Bulu : Halus | Jenis Bulu Rontok : Jarang | Pelatihan : Bersedia melakukan apapun yang diperintahkan | Keluarga : Sangat cocok sebagai peliharaan asalkan dilatih sejak dini | Umur : 9 - 15 Tahun


ISSUE KESEHATAN

Kekhawatiran Utama: Hipotiroidisme dan tuli || Kekhawatiran Kecil: Glaukoma dan paralisis laring || Kadang-kadang Terlihat: Hip dysplasia || Tes yang Disarankan: BAER || Rentang Hidup: 9 sampai 15 tahun

 


MENGENAI DOGO ARGENTINO

Anjing yang berasal dari negaranya Maradona ini mempunyai banyak kelebihan dibanding dengan jenis anjing pekerja lainnya, dengan nama resmi : El Dogo Argentino atau Dogo Argentino . Jenis ini dapat memberikan jawaban yang memuaskan bagi para pecinta anjing pekerja yang menginginkan 3 profesi sekaligus yaitu sebagai anjing pemburu, anjing penjaga dan anjing keluarga.

Dogo Argentino yang memang berasal dari Argentina ini pada awal-mulanya direkayasa oleh : Dr.Antonio Norez Martinez, dibuat untuk tujuan anjing pemburu terhebat, sekaligus sebagai anjing keluarga yang baik. Jenis ini sebenarnya merupakan hasil dari “Cocktail-breed” (silangan beberapa jenis Tough-dog yang dinilai saling mendukung) , Dogo termasuk trah ukuran besar, tinggi berkisar 24-27 inc dan berat 82-105 pound, berwarna putih polos, berbulu pendek dengan sifat yang sangat familiar terhadap anak-anak, dan mempunyai mental yang pemberani, namun penuh dengan perhitungan dalam strategi melacak, mengejar dan menangkap seorang penjahat ataupun binatang buruannya.

Karena banyak bukti kehebatannya dalam berburu dan menjaga, maka Dogo Argentino kemudian dikembangkan diberbagai negara di Eropa seperti Jerman, Italia dan juga di negara Amerika Serikat. Sekarang anjing ini telah terdaftar di FCI (Federation Cynoloqiue International) dan juga Perkin (Perkumpulan Kinologi Indonesia). Tulisan berikut mudah-mudahan dapat membantu untuk menjelaskan apa dan bagaimana jenis Dogo Argentino.

SEJARAH

Negara Argentina hanya membuat 1 trah anjing purebred yang diakui dunia. Asal usul Dogo dikembangbiakkan adalah sebagai “Hunting dog” (anjing pemburu) dengan kemampuan yang istimewa sekali, dan Dogo Argentino juga diperkenalkan untuk menjadi anjing penjaga yang tangguh dengan awal pengembangbiakannya sejak tahun 1920.

Salah satu pembuat trah Dogo yang terkenal yaitu : Dr.Antonio Norez Martinez, dia adalah seorang pecinta anjing yang mempunyai kegemaran berburu. Dr.Martinez menggemari untuk merekayasa suatu jenis trah anjing pemburu yang kemampuannya tidak dapat ditandingi oleh semua jenis anjing lainnya (contoh : German Pointer, Foxhound, Weimarener, Afghan Hound, dll) untuk dapat digunakan pada perburuan yang sangat berbahaya diseluruh wilayah daratan Amerika yang berbahaya.

Tahap awal dalam program breeding membuat trah Dogo ini, Dr.Martinez menggunakan basic stock /materi dasarnya dari jenis “crossbreed” yang hubungan darahnya sangat dekat dengan anjing-anjing petarung yang digunakan dalam “Dog fighting” (pertarungan anjing) contoh di Eropa: British Fightingdog dan dinamakan: “Cordoba dogs”. Dalam banyak kesempatan breedingnya, Dr.Martinez memproduksi anjing-anjing Dogo yang sangat kuat & bertenaga (very powerful) dan anjing yang mudah dilatih, namun untuk program breedingnya (seperti uraian diatas) dibutuhkan waktu yang sangat lama dari target penyelesaian breednya.

Saat ini, Dogo dipergunakan di Argentina sebagai dua fungsi: anjing pemburu (Hunting dog) dan anjing penjaga (Guard dog). Federacion Cinologica Argentina mengakui Dogo Argentino pada tahun 1964, diikuti oleh Fédération Cynologique Internationale pada tahun 1973, terutama sebagai ras Argentina pertama dan satu-satunya.

NUTRISI MAKANAN

Banyak perusahaan makanan anjing memiliki formula khusus ras untuk ras kecil, menengah, besar, dan raksasa. Dogo Argentinos adalah ras besar. Makanan yang Anda berikan kepada anjing Anda adalah pilihan pribadi masing - masing, tetapi bekerja sama dengan dokter hewan dan / atau peternak akan menjadi cara terbaik untuk menentukan frekuensi makan sebagai anak anjing dan diet terbaik untuk meningkatkan umur panjangnya. Air bersih dan segar harus tersedia setiap saat.

PERAWATAN

Selain perawatan rutin mingguan, mandi sesekali akan menjaga kebersihan dan penampilan anjing Anda. Melakukan perawatan bersama Anda, menambah keterikatan antara pemilik dan anjingnya. Kuku mereka yang kuat dan tumbuh cepat harus dipangkas secara teratur dengan pemotong atau pemangkas kuku untuk menghindari pertumbuhan berlebih, pecah dan retak. Telinganya harus diperiksa secara teratur untuk menghindari penumpukan kotoran yang dapat menyebabkan infeksi. Gigi harus disikat secara teratur.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Pilihan untuk berolahraga termasuk waktu bermain di halaman belakang, sebaiknya berpagar, atau berjalan-jalan beberapa kali sehari. Latihan juga bisa dilakukan dalam bentuk aktivitas di dalam ruangan, seperti petak umpet, mengejar bola yang berguling di lantai, atau mengajari mereka sesuatu baru. Aktivitas luar ruangan tertentu seperti berenang, mendaki, mengambil bola, atau cakram terbang dapat menjadi jalan keluar yang baik untuk mengeluarkan energi. Pelatihan untuk olahraga anjing seperti ketangkasan, kepatuhan, dan reli juga bisa menjadi cara yang bagus untuk melatih anjing Anda.

STANDAR DOGO ARGENTINO: PDF dari AKC

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.


#DogoArgentino #WorkingGroup #Anjing #AnjingK9