Poodle - Toy

Nama Group : Toy Group | Level Aktifitas : Energik | Level Energi : Tinggi | Level Gonggongan : Sedang | Karakter : Trah Anjing Terkecil | Ukuran : Sangat Kecil | Asal-Usul : Jerman | Lingkungan : Mampu beradaptasi di lingkungan apapun | Bulu : Panjang | Jenis Bulu Rontok : Jarang | Pelatihan : Bersedia melakukan apapun yang diperintahkan | Keluarga : Anjing Keluarga | Umur : 10 - 18 Tahun


ISSUE KESEHATAN

Kekhawatiran utama: PRA, Legg – Perthes, keseleo patela, epilepsi || Kekhawatiran kecil: trichiasis, entropion, atresia duktus lakrimal, katarak, glaukoma, distikiasis || Kadang terlihat: batu saluran kemih, degenerasi diskus intervertebralis || Tes yang disarankan: mata, lutut, pinggul, DNA untuk PRA || Rentang hidup: 10 - 18 Tahun


MENGENAI POODLE (TOY)

Anjing Poodle / Pudel memiliki 3 jenis ukuran resmi yaitu pudel standar, miniature dan toy. Adapun cirinya yaitu mata berbentuk oval berwarna hitam atau coklat, telinga panjang dan menggantung dekat dengan kepalanya, moncongnya panjang dan lurus, kakinya berbentuk oval agak kecil dan jari-jarinya melengkung. Ekornya biasa diatur dan dibuat tinggi, bulunya keriting dan memiliki beberapa macam warna seperti hitam, biru, merah, krem, putih, apricot, abu-abu, coklat, atau parti-colour.

Anjing Pudel adalah anjing yang cerdas, sangat responsive, ceria, menyenangkan dan dikatakan sebagai salah satu jenis anjing yang paling mudah dilatih. Anjing Pudel suka bersama manusia dan bisa bersosialisasi dengan baik termasuk dengan binatang dan anjing lainnya. Mereka juga adalah anjing penjaga yang sangat baik untuk ukurannya. Namun tanpa jumlah dan jenis latihan yang tepat, anjing pudel bisa menjadi anjing yang penakut dan sangat sensitif.

Pemilik anjing pudel yang tidak bisa menunjukkan sikap pack leader akan membuat si anjing mengganggap bahwa dialah pack leader dari manusia.Dan juga, jangan biarkan anjing kecil ini mengembangkan “sindrom anjing kecil”. Hal ini bisa menyebabkan bermacam masalah perilaku seperti menggeram, menggonggong secara obsesif, sensitive, tidak bisa dipercayakan dengan anak-anak dan bahkan kadang dengan orang dewasa sekalipun.

SEJARAH

Anjing Poodle telah dikenal di seluruh Eropa barat selama kurang lebih 400 tahun dan digambarkan dalam lukisan abad ke-15 dan ada patung pahatannya dari abad ke-1. Masih menjadi kontroversi dimana sebenarnya anjing pudel pertama kali dibiakkan dan tidak ada yang tahu asal negara dari anjing tersebut. Perancis mengklaim sebagai negara asal, namun AKC memberikan kehormatan untuk negara Jerman karena mereka mengatakan anjing pudel digunakan sebagai water retrieval dog. Sementara yang lain mengklaim dari negara Denmark atau dari jenis anjing Piedmont kuno. Yang pasti adalah anjing poodle adalah keturunan dari “French water dog”, “Barbet” dan mungkin dari “Hungarian water hound” yang semuanya telah punah saat ini. Nama anjing poodle kemungkinan besar berasal dari bahasa Jerman “Pudel” yang berarti “ seseorang yang bermain dalam air”.

Poodle clip (potongan bulu) didesain oleh pemburu untuk membantu anjing poodle agar dapat berenang lebih efisien. Mereka akan menyisakan bulu pada persendian kaki untuk melindungi anjing pudel dari alang-alang yang sangat dingin dan tajam. Pemburu di Jerman dan Perancis menggunakan anjing pudel sebagai “gun dog” dan sebagai retriever untuk unggas air dan untuk mengendus jamur/ cendawan yang ada dibawah kayu.

Orang Perancis pertama kali menggunakan anjing pudel sebagai anjing sirkus karena kecerdasan yang tinggi dan mudah dilatih. Jenis anjing ini menjadi sangat populer di Perancis dan menyebabkan muncul nama “ French Poodle”, namun orang Perancis biasa menyebut anjing pudel dengan nama “Caniche” yang artinya “duck dog” (anjing bebek). Jenis anjing pudel toy dan miniature dibiakkan dari anjing pudel yang lebih besar, yang saat ini dikenal sebagai pudel standar. Pada abad ke-18 anjing poodle dengan ukuran lebih kecil menjadi populer di kalangan orang kerajaan.

NUTRISI MAKANAN

Tidak peduli ukuran Poodle yang Anda miliki, Anda pasti ingin memberinya makanan anjing terbaik. Dokter hewan atau peternak Anda dapat membantu Anda memutuskan makanan yang tepat untuk usia, tingkat aktivitas, dan ukuran anjing Anda. Beberapa anjing cenderung kelebihan berat badan, jadi perhatikan konsumsi kalori dan tingkat berat badannya. Jika Anda memilih untuk memberi camilan pada anjing Anda, lakukan dengan tidak berlebihan. Camilan bisa menjadi bantuan penting dalam pelatihan, tetapi memberi terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas. Jangan pernah memberi makan anjing tulang yang dimasak  atau sisa makanan yang berlemak. Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Tanyakan kepada dokter hewan Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang berat badan atau diet anjing Anda.

PERAWATAN

Jika Anda ingin bulu Poodle tetap panjang, maka Anda perlu menyikat bulunya setiap hari agar bulunya tidak kusut. Jika Anda tidak menyisir bulu Poodle dengan benar, bulu akan menempel di dekat akar sehingga menyebabkan bulu Poodle harus dicukur agar bulu dapat tumbuh kembali. Sebagian besar pemilik hewan peliharaan memilih untuk menjaga Poodle dalam potongan yang lebih pendek. Beberapa pemilik belajar melakukan pemotongan dan pemangkasan ini sendiri, sementara yang lain memilih untuk membawa anjing mereka ke salon anjing profesional setiap empat hingga enam minggu untuk dimandikan, dirawat, dan dipotong kuku. Ras ini yang relatif tidak berbulu membuat ras ini menjadi pilihan yang baik untuk penderita alergi.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Pudel dalam berbagai ukuran adalah anjing yang sangat aktif yang membutuhkan latihan yang baik setiap hari agar sesuai dengan tingkat energinya yang tinggi. Pudel sangat menyukai segala jenis aktivitas, dan mereka senang menyibukkan diri. Berenang adalah olahraga yang bagus untuk mereka, dan sebagian besar Pudel suka bermain air. Dibesarkan sebagai anjing pemburu, dorongan hatinya adalah untuk menangkap sesuatu, jadi melempar mainan, tongkat, atau bola untuk mereka akan melatih pikiran dan tubuh mereka. Mereka juga berkembang pesat saat jogging atau berjalan-jalan dengan pemilik mereka.

PELATIHAN

Poodle (Toy) sangat cerdas dan mudah dilatih. Mereka gesit dan anggun serta cerdas, mereka menikmati dan unggul dalam berbagai olahraga anjing, termasuk ketangkasan, kepatuhan, dan pelacakan. Pudel sangat berorientasi pada orang, dan jika rutinitas latihan Anda menyenangkan dan positif, mereka akan cepat menyenangkan Anda. Pastikan Anda konsisten dengan apa yang Anda minta.

STANDAR POODLE (TOY): PDF dari AKC

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.


#PoodleToy #ToyGroup #Anjing #AnjingK9