Pug

Nama Group : Toy Group | Level Aktifitas : Membutuhkan Latihan rutin | Level Energi : Sedang | Level Gonggongan : Hanya Jika Diperlukan | Karakter : Trah Anjing Terkecil | Ukuran : Kecil | Asal-Usul : China | Lingkungan : Tidak cocok di lingkungan yang panas | Bulu : Pendek | Jenis Bulu Rontok : Secara teratur | Pelatihan : Sangat Manut | Keluarga : Anjing terbaik untuk anak kecil | Umur : 13 - 15 Tahun


ISSUE KESEHATAN

Kekhawatiran utama: Ensefalitis anjing pug, penyakit jantung koroner, sindrom brachycephalic || Masalah kecil: langit-langit yang memanjang, lubang hidung stenotik, keseleo patela, Legg-Perthes, entropion, KCS, infeksi kulit, hemivertebra || Kadang terlihat: kejang, degenerasi saraf, distichiasis, alergi, demodikosis || Tes yang disarankan: mata, pinggul, lutut, ensefalitis anjing DNA Pug || Rentang hidup: 13–15 tahun || Catatan: Pug tidak tahan panas dan sensitif terhadap anestesi. Mereka rentan terhadap abrasi kornea dan obesitas.


MENGENAI PUG

Anjing Pug memiliki sifat yang ceria, bersemangat tinggi, setia, penuh kasih sayang, lucu dan mereka suka membuat Anda tertawa. Anjing Pug sangat cerdas dan mudah bosan tanpa adanya variasi dalam pelatihannya. Anjing Pug bisa sedikit keras kepala jika mereka merasa lebih dominan dibandingkan manusia diantaranya. Anjing Pug sangat peka dengan nada suara pemiliknya, karena itu hukuman berat tidak diperlukan. Anjing ini membutuhkan pemilik yang tenang, tegas, percaya diri dan konsisten dengan aturan-aturannya.

Anjing Pug adalah anjing penjaga yang baik, sangat patuh dan tidak berisik. Anjing Pug rukun dengan hewan peliharaan dan anjing lain dan juga bersikap baik terhadap anak-anak dan tamu yang datang. Anjing Pug yang tidak memiliki pemilik dengan kepemimpinan yang kuat akan menjadi anjing yang cemburu, dan mulai memperlihatkan sikap menjaga, seperti menjaga perabotan, makanan, mainan atau spot lainnya di dalam rumah. Sikap ini hanya akan terjadi pada anjing yang diijinkan untuk mengambilalih. Karena itu sangatlah diperlukan adanya sikap pack leader pada pemiliknya.

SEJARAH

Pug telah dikenal dengan banyak nama seperti Mopshond di Belanda (yang mengacu pada kecenderungan menggerutu), Mops di Jerman, dan Pug Belanda atau Pug Cina di Inggris. Kata Pug itu sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu "pugnus" yang berarti kepalan, karena kepalanya mungkin menyerupai kepalan tangan, atau dari monyet marmoset “Pug” yang agak mirip dengan anjing Pug. Apa pun namanya, satu hal yang pasti adalah semboyan resmi Pug yaitu "Multum in Parvo" (banyak dalam sedikit).

Pug memiliki leluhur mastiff yang menjadikannya pengecualian di Grup Mainan. Meskipun nenek moyang persisnya telah hilang pada zaman kuno, Pug tetap memiliki banyak karakteristik mastiff. Pug adalah ras kuno, mereka menjadi hewan peliharaan favorit biara Buddha di Tibet berabad-abad yang lalu. Di Cina, kerutan wajah merupakan ciri yang penting, terutama "prince mark", atau kerutan vertikal di dahi mereka, yang mirip dengan karakter Cina untuk "prince". Pug mungkin datang ke Belanda melalui Perusahaan Dagang Hindia Timur Belanda. Di sini mereka menjadi sangat populer dan dikenali sebagai anjing resmi House of Orange setelah menyelamatkan nyawa Pangeran William dengan membunyikan tanda bahaya saat tentara Spanyol mendekat pada tahun 1572.

Pada 1790, Pug dapat ditemukan di Prancis, Istri Napoleon yaitu Josephine , menggunakan Pugnya untuk membawa pesan ke Napoleon saat dia dipenjara. Pug pertama kali dibawa ke Inggris pada masa Victoria dan menjadi sangat populer di kalangan orang kaya, menggantikan Raja Charles Spaniel sebagai ras kerajaan yang disukai. Beberapa Pug dibawa ke Inggris dari Cina pada tahun 1886. Setahun sebelumnya, trah ini telah dikenali oleh AKC. Sejak saat itu, mereka tetap populer sebagai hewan peliharaan.

NUTRISI MAKANAN

Pug harus diberi makanan anjing berkualitas tinggi, baik yang diproduksi secara komersial atau disiapkan di rumah dengan pengawasan dan persetujuan dokter hewan. Makanan apa pun harus sesuai dengan usia anjing (anak anjing, dewasa, atau senior). Pug sangat menyukai makanan dan rentan terhadap obesitas, jadi perhatikan konsumsi kalori dan tingkat berat badan anjing Anda. Camilan bisa menjadi bantuan penting dalam pelatihan, tetapi memberi terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas. Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Tanyakan kepada dokter hewan Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang berat badan atau diet anjing Anda. Air bersih dan segar harus tersedia setiap saat.

PERAWATAN

Meskipun bulunya tidak mudah rontok, tetapi bulu Pug yang pendek, halus, dan mengkilap tetap membutuhkan perawatan. Menyikat rambut setiap minggu dengan sikat berbulu sedang, sarung tangan karet grooming, atau sarung tangan anjing akan membantu menghilangkan rambut yang lepas dan membuatnya tetap tampil terbaik. Anjing pug tidak perlu dimandikan kecuali jika mengalami sesuatu yang dapat menyebabkan kondisinya kurang baik ataupun ketika anjing mulai berbau . Kuku Pug harus dipangkas secara teratur, karena kuku yang terlalu panjang bisa membuatnya tidak nyaman.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Seekor Pug sangat senang menghabiskan sebagian besar waktunya meringkuk di sofa, apalagi jika dikombinasikan dengan kesukaannya terhadap makanan, hal itu membuat anjing ini cenderung mengalami obesitas. Untuk menjaga anjing ini tetap dalam kondisi fit, pemilik dapat mengajak Pug untuk sering berolah raga ringan. Sekedar jalan jalan atau bermain di halaman, karena anjing ini sangat suka bermain. Penting untuk diingat bahwa jenis Pug bermuka pendek tidak tahan terhadap cuaca panas, dan mereka tidak boleh melakukan olahraga berat saat cuaca hangat atau lembap, lebih baik berada di dalam AC. 
Pug unggul dalam beberapa olahraga anjing seperti kelincahan, kepatuhan ataupun reli.

PELATIHAN

Pug telah dibesarkan untuk menjadi pendamping dan memberikan kesenangan untuk pemiliknya. Dia memiliki temperamen yang stabil, pesona yang menarik, dan watak yang ramah serta penuh kasih sayang. Anjing pug pada umumnya mudah dilatih. Namun perlu diingat, Pug memiliki perasana yang mudah terluka (sensitif), sehingga metode pelatihan yang keras tidak boleh digunakan. Seekor Pug ingin bersama keluarganya dan tidak akan bahagia jika sering ditinggal sendirian dalam waktu yang lama. Sosialisasi awal dan kelas pelatihan anak anjing direkomendasikan.

STANDAR PUG: PDF dari AKC

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.


#Pug #ToyGroup #Anjing #AnjingK9