Pekingese

Nama Group : Toy Group | Level Aktifitas : Tenang | Level Energi : Rendah | Level Gonggongan : Hanya Jika Diperlukan | Karakter : Trah Anjing Terkecil | Ukuran : Kecil | Asal-Usul : China | Lingkungan : Cocok untuk lingkungan apartement | Bulu : Panjang | Jenis Bulu Rontok : Musiman | Pelatihan : Kemungkinan Susah Dilatih | Keluarga : Baik untuk anak yang lebih tua | Umur : 12 - 14 Tahun


ISSUE KESEHATAN

Kekhawatiran utama: tidak ada || Masalah kecil: langit-langit lunak memanjang, lubang hidung stenotik, KCS, keseleo patela, distisiasis, trichiasis, dermatitis lipatan kulit || Kadang terlihat: urolitiasis || Tes yang disarankan: lutut, (mata) || Rentang hidup: 12–14 tahun || Catatan: Trah ini sensitif terhadap anestesi dan tidak mentolerir panas dengan baik. Anjing ini juga rentan terhadap lecet kornea. Anak anjing sering dilahirkan melalui operasi caesar.


MENGENAI PEKINGESE

Peking adalah anjing dengan tubuh berbentuk buah pir, bagian depan yang berat dan bagian belakang yang lebih ringan, sedikit lebih panjang daripada tinggi. Gambaran anjing itu seperti singa yang menyiratkan keberanian, harga diri daripada kecantikan, keindahan, atau kelembutan. Gaya berjalannya bermartabat dan tidak tergesa-gesa. Lapisan bawahnya cukup tebal dan lapisan luarnya panjang, kasar, lurus, dan menonjol sehingga membentuk surai di sekitar bahu. 

Bulu Peking umumnya berwarna merah, dari merah keemasan hingga lebih gelap. Anjing ini memiliki sifat selalu waspada, mereka cocok digunakan sebagai pengawas yang baik. Pekes akan mentolerir anak-anak tetapi tidak suka melakukan banyak kekerasan.

SEJARAH

Legenda Tiongkok mengatakan orang Peking diciptakan oleh Buddha, yang mengecilkan singa menjadi seukuran anjing. Trah ini sangat kuno sehingga kita tidak akan pernah tahu awal aslinya. Peke kemungkinan besar dikembangbiakkan menjadi seukuran mainan dari anjing yang lebih besar, tentu saja bukan oleh Buddha, tetapi oleh para pelayan duniawinya, para kaisar Cina dan bangsawan istana mereka. Selama berabad-abad, para bangsawan Cina disibukkan dengan pengembangbiakan anjing anjing bermuka datar. Peke, Pug, dan Shih Tzu adalah contoh hasil karya mereka yang masih hidup.

Dikatakan bahwa mencuri salah satu anjing ini adalah kejahatan yang dapat dihukum mati.Pekes tidak dikenal di Barat sampai tahun 1860, sampai ketika pasukan Inggris menginvasi Peking (Beijing) selama Perang Candu. Saat orang Inggris menyerbu istana musim panas yang megah milik kaisar dengan niat untuk menjarah dan membakarnya, keluarga kerajaan membunuh Peking mereka daripada melihat mereka jatuh ke tangan musuh.

Seorang kapten Inggris menemukan bibi kaisar tewas, karena bunuh diri, tetapi lima Pekes-nya masih hidup, bersembunyi di balik tirai. Anjing-anjing itu dikembalikan ke Inggris sebagai hadiah untuk Ratu Victoria yang agung, dan trah ini dengan cepat menjadi populer di antara rakyatnya. Pada akhir 1890-an, Pekes telah tiba di Amerika. Mereka pertama kali didaftarkan oleh AKC pada tahun 1906. Enam tahun kemudian, trah ini menjadi berita utama ketika seekor anjing Peking menjadi salah satu dari tiga anjing yang selamat dari tenggelamnya Titanic.

NUTRISI MAKANAN

Pekingese sebaiknya diberikan makanan berkualitas tinggi, baik yang diproduksi secara komersial atau disiapkan di rumah dengan pengawasan dan persetujuan dokter hewan. Makanan apa pun harus sesuai dengan usia anjing (anak anjing, dewasa, atau senior). Beberapa anjing cenderung kelebihan berat badan, jadi perhatikan konsumsi kalori dan tingkat berat badannya. Camilan bisa menjadi bantuan penting dalam pelatihan, tetapi memberi terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas. Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Tanyakan kepada dokter hewan Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang berat badan atau diet anjing Anda. Air bersih dan segar harus tersedia setiap saat.

PERAWATAN

Lapisan bulu ganda Peking yang tebal membutuhkan sedikit perawatan. Pekingese mengalami kerontokan secara musiman. Sebaiknya lakukan penyikatan setidaknya satu jam per minggu, untuk membantu menghilangkan rambut yang lepas dan mencegah kusut. Mandi sesekali akan membantu membuatnya selalu dalam kondisi terbaik. Keset atau kusut dapat dihilangkan dengan menyisir lembut bulunya  menggunakan sikat licin atau sisir logam. Seperti semua ras, kuku harus dipangkas secara teratur, karena kuku yang terlalu panjang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada anjing.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Peking adalah teman yang menawan dan percaya diri yang mampu mengembangkan ikatan dekat dengan orang di sekitarnya. Seluruh tujuan hidup mereka adalah untuk kesenangan dan kenyamanan. Meskipun mereka cukup tenang di sebagian besar waktu dan hanya memiliki persyaratan olahraga sederhana, mereka menikmati ketika ikut serta dalam olahraga anjing.

PELATIHAN

Ciri khas dari trah ini adalah kepribadiannya yang ramah, dan penuh kasih. Peking memiliki sifat penyayang dan cerdas serta mampu mengembangkan koneksi yang sangat kuat dengan orang di sekitarnya. Sebagai anjing yang selama berabad-abad tinggal di istana, Pekes bisa mandiri seperti kaisar yang memilikinya. (Mereka "beropini", orang Peke sering berkata.) Sifatnya yang selalu waspada, dapat dijadikan sebagai  pengawas kecil yang baik. Pekes mungkin mentolerir anak-anak, tetapi tidak sesuai untuk anak-anak di rumah tanpa pengawasan.

STANDAR PEKINGESE: PDF dari AKC

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.


#Pekingese #ToyGroup #Anjing #AnjingK9