Chihuahua

Nama Group : Toy Group | Level Aktifitas : Membutuhkan Latihan rutin | Level Energi : Tinggi | Level Gonggongan : Sangat Suka Menggonggong | Karakter : Trah Anjing Terkecil | Ukuran : Sangat Kecil | Asal-Usul : Meksiko | Lingkungan : Sensitif panas dan dingin | Bulu : Pendek | Jenis Bulu Rontok : Sesekali | Pelatihan : Mandiri | Keluarga : Baik untuk anjing keluarga, namun bukan untuk anak kecil | Umur : 14 - 16 Tahun


ISSUE KESEHATAN

Kekhawatiran utama: tidak ada || Masalah kecil: stenosis pulmonal, hidrosefalus, keseleo patela, KCS, hipoglikemia || Sesekali terlihat: tidak ada || Tes yang disarankan: jantung, lutut, mata || Rentang hidup: 14–16 tahun || Catatan: Titik lunak (molera) di tengkorak (karena penutupan ubun-ubun yang tidak sempurna) adalah ciri umum ras.


MENGENAI CHIHUAHUA 

Anjing Chihuahua adalah seekor anjing berukuran kecil (Tiny Toy Size), memiliki tubuh yang lebih panjang daripada tingginya, bentuk kepalanya bulat seperti buah apel, bentuk moncong pendek, telinga tegak dan mempunyai ekor yang panjang. Anjing Chihuahua mempunyai 2 (dua) jenis bulu, yaitu berbulu pendek atau panjang serta lurus atau bergelombang. Untuk warna bulu, ada yang berwarna hitam, putih, chesnut, sable, steel blue, sand, silver, hitam dan tan, dan parti-color. Saat masih anakan, Anjing Chihuahua memiliki spot kecil pada bagian depan kepala / jidat yang disebut dengan “Molera” dan biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Jenis ini merupakan anjing pendamping yang baik, pemberani, bersemangat, ceria, dan lincah serta sangat setia dan dekat dengan pemiliknya. Mereka cerdas, belajar dengan cepat dan mempunyai respon yang baik dalam pelatihan yang tepat, tegas namun lembut. Jangan biarkan anjing Chihuahua melakukan hal yang tidak akan Anda ijinkan pada anjing jenis besar seperti melompat pada manusia (sindrom anjing kecil). Meskipun kelihatannya lucu untuk seekor anjing kecil yang beratnya 5 pon, menaruh cakarnya di kaki Anda saat pulang kerja, hal ini dapat memungkinkan timbulnya perilaku dominan pada anjing tersebut.

SEJARAH

Jenis anjing terkecil, Chihuahua memiliki sejarah yang kontroversial. Salah satu teori menyatakan bahwa itu berasal dari Cina dan dibawa ke Dunia Baru oleh pedagang Spanyol, di mana ia kemudian disilangkan dengan anjing asli berukuran kecil. Teori lain berpendapat bahwa itu seluruhnya berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, turun dari Techichi asli. Seekor anjing merah kecil yang diyakini membimbing jiwa ke dunia bawah, membuat setiap keluarga Aztec memelihara anjing seperti itu yang dikuburkan bersama anggota keluarga yang sudah meninggal. Sebenarnya, asal muasal Chihuahua yang paling mungkin adalah kombinasi dari teori-teori ini: Techichi asli mungkin disilangkan dengan anjing Cina kecil berbulu, tetapi sekali lagi tanggal terjadinya hal ini kontroversial.

Anjing-anjing Cina mungkin dibawa ketika jembatan darat membentang di Selat Bering, atau mereka mungkin dibawa oleh pedagang Spanyol. Ketika Cortes menaklukkan suku Aztec di abad keenam belas, anjing-anjing kecil itu ditinggalkan dan dibiarkan mengurus diri mereka sendiri. Sekitar 300 tahun kemudian, pada tahun 1850, tiga anjing kecil ditemukan di Chihuahua, Meksiko. Beberapa dibawa ke Amerika Serikat, tetapi menimbulkan perhatian yang tidak signifikan. Hanya ketika Xavier Cugat ("raja rhumba") muncul di depan umum dengan seekor Chihuahua sebagai pendamping tetapnya, barulah trah ini menarik perhatian publik. Jenis ini mengalami peningkatan popularitas dan terus berlanjut sebagai salah satu ras paling populer di Amerika. 

Chihuahua pertama yang terdaftar di AKC, bernama Beppie, tercatat pada tahun 1908. Pemimpin band terkenal Xavier Cugat lebih banyak  mempopulerkan Chihuahua pada 1940-an dan 50-an. Baru-baru ini, jenis ini secara alami mencuri perhatian di "Beverly Hills Chihuahua", "Legally Blonde", dan "Sex and the City". Bahkan ada tim bisbol liga kecil El Paso, Texas, yang diberi nama Chihuahua.

NUTRISI MAKANAN

Disarankan memberikan makanan anjing berkualitas tinggi yang sesuai dengan usia anjing (anak anjing, dewasa, atau senior). Beberapa Chihuahua cenderung kelebihan berat badan, jadi perhatikan konsumsi kalori dan tingkat berat badan anjing Anda. Camilan bisa menjadi bantuan penting dalam pelatihan, tetapi memberi terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas.Terutama hindari tulang yang dimasak dan makanan dengan kandungan lemak tinggi. Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Tanyakan kepada dokter hewan Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang berat badan atau diet anjing Anda.

PERAWATAN

Kedua varietas bulu Chihuahua memiliki kebutuhan perawatan yang sedikit berbeda. Chihuahua yang berbulu halus hanya perlu disikat sesekali dan dimandikan secara teratur agar terlihat rapi, sedangkan Chihuahua yang berbulu panjang harus disikat bulunya setidaknya sekali seminggu untuk menghindari kusut. Kedua varietas harus dipotong kukunya secara teratur. Perawatan gigi yang baik diperlukan dan harus mencakup menyikat gigi anjing Anda, dan dokter hewan mungkin juga merekomendasikan perawatan yang dirancang sebagai bagian dari program perawatan gigi. Periksa telinga Chihuahua secara teratur, dan bersihkan kotoran yang berlebih untuk menghindari infeksi telinga.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Chihuahua suka berlari, bermain dan biasanya dapat berolahraga cukup di tempat yang sangat kecil. Hanya berlari-lari mengikuti pemiliknya, mereka biasanya sudah cukup.. Jalan-jalan singkat dan lambat akan membuat anjing Anda tetap dalam kondisi dan berat badan yang baik. Hindari melatih Chihuahua secara berlebihan. Jika anjing Anda terengah-engah dan lelah, sudahi sesi latihannya.

PELATIHAN

Chihuahua adalah anjing kecil yang sangat waspada dan memiliki kecerdasan tinggi. Dia sangat ingin menyenangkan manusia dan menanggapi dengan baik praktik pelatihan yang positif. Chihuahua tampaknya sangat menyadari betapa lucunya mereka dan belajar bagaimana mendapatkan apa yang mereka inginkan. Sejak awal Anda harus menegakkan fakta bahwa Anda yang memegang kendali. Jangan biarkan anak anjing Chihuahua Anda melakukan apa pun yang tidak dapat diterima oleh orang dewasa. Mereka dapat memiliki sedikit temperamen "terrier", jadi ketegasan dan kelembutan diperlukan saat berlatih. Mereka bisa unggul dalam pelatihan kepatuhan dan olahraga anjing lainnya.

STANDAR CHIHUAHUA : PDF dari AKC

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.


#Chihuahua #ToyGroup #Anjing #AnjingK9