Brussels Griffon

Nama Group : Toy Group | Level Aktifitas : Membutuhkan Latihan rutin | Level Energi : Tinggi | Level Gonggongan : Sangat Suka Menggonggong | Karakter : Trah Anjing Terkecil | Ukuran : Sangat Kecil | Asal-Usul : Belgia | Lingkungan : Cocok di lingkungan manapun dengan olahraga yang tepat | Bulu : Pendek | Jenis Bulu Rontok : Musiman | Pelatihan : Sangat Manut | Keluarga : Baik untuk anjing keluarga, namun bukan untuk anak kecil | Umur : 12 - 15 tahun


ISSUE KESEHATAN

Kekhawatiran utama: tidak ada || Masalah kecil: tidak ada || Kadang-kadang terlihat: kandung kemih lemah, keseleo patela, distichiasis, katarak, PRA, CHD, Legg-Perthes || Tes yang disarankan: mata, (pinggul), lutut || Rentang hidup: 12–15 tahun • Catatan: Operasi caesar sering kali diperlukan.


MENGENAI BRUSSELS GRIFFON

Brussels Griffon berbentuk persegi dan tebal. Trah ini memiliki tulang yang bagus untuk ukurannya. Untuk temperamennya, Brussels Griffons sangat mementingkan diri sendiri, dan pembawaannya mencerminkan sikap ini. Ekspresi mereka yang hampir seperti manusia banyak menarik perhatian. Bulu mereka bisa kasar, dengan rambut ikal yang keras, yang lebih panjang di sekitar kepala; atau halus, dengan bulu glossy yang pendek. Griffs tersedia dalam empat warna — merah, hitam-dan-cokelat kemerahan (disebut belge), hitam dan cokelat, dan hitam. Bulunya juga dibagi menjadi 2 yaitu bulu halus (seperti Pug) atau bulu kasar (seperti Schnauzer). Moncong dan kumis hitam mereka membuat mereka mendapat julukan "anjing berjanggut" dalam lagu-lagu rakyat kuno.

Mata hitam besar Griff — digambarkan "hampir seperti manusia" —ditutupi dengan janggut dan kumis yang menutupi moncong pendeknya, memberinya aura duniawi. Tubuh Griff kekar dan kokoh, dan dia bergerak dengan gerakan yang disengaja seperti seseorang yang tahu apa yang dia inginkan. Griffs memiliki sifat waspada, mudah bergaul, dan mudah dilatih. Meskipun menyenangkan dan energik, ukurannya yang kecil dan sifat sensitifnya membuat mereka menjadi pilihan yang buruk sebagai teman bermain untuk anak-anak. 

SEJARAH

Anjing tipe Griffon terkenal di Eropa selama berabad-abad. Dalam potret terkenal Van Eyck tahun 1434 tentang "Pasangan Arnolfini", kita melihat sekilas leluhur jauh dari Griff. Ini adalah anjing kecil tipe griffon dengan moncong yang lebih panjang daripada versi sekarang yang berwajah datar dan berbibir cemberut. Kisah Griff, dimulai di Brussel, ibu kota Belgia, pada awal tahun 1800-an. Para kusir di Brussel biasanya memelihara anjing jenis terrier kecil untuk menekan populasi tikus di kandangnya. Ini biasanya adalah anjing mirip Affenpinscher yang dikenal sebagai "griffons d'ecurie", atau "anjing kandang berlapis kawat". Pengemudi hack bereksperimen dengan menyilangkan berbagai jenis untuk meningkatkan kualitas anjing mereka.Tidak ada catatan tertulis yang ada tentang perkembangbiakan ini, tetapi orang-orang penggemar anjing menduga bahwa Pug, English Toy Spaniels, ras Belgia kuno yang disebut Brabancon, dan mungkin bahkan Yorkshire Terrier, semua jenis ini disilangkan sehingga menghasilkan Brussels Griffon.

Titik balik sejarah Griff datang pada tahun 1870-an, ketika Henrietta Maria, Ratu Belgia yang mencintai anjing, menyukai trah ini. Dengan perlindungan kerajaan, masa depan Griff terjamin. Dorongan kerajaan yang diterima oleh trah ini menarik minat internasional, dan Griffs diekspor ke Inggris dan Amerika. Seperti halnya dengan begitu banyak ras Eropa yang punah, perang dunia kedua juga telah menghancurkan populasi Griff. Jika bukan karena dedikasi para penggemar dari Amerika Serikat dan Inggris, trah ini mungkin tidak akan bertahan.Brussels Griffon memiliki jutaan penggemar baru pada tahun 1997, ketika "spicy Griff" bernama Jill mengalahkan Jack Nicholson dalam film hit "As Good As It Gets."  AKC mendaftarkan Griff pertamanya pada tahun 1910.

NUTRISI MAKANAN

Brussels Griffon harus diberikan makanan anjing berkualitas tinggi, baik yang diproduksi secara komersial atau disiapkan di rumah dengan pengawasan dan persetujuan dokter hewan Anda. Makanan apa pun harus sesuai dengan usia anjing (anak anjing, dewasa, atau senior). Beberapa anjing cenderung kelebihan berat badan, jadi perhatikan konsumsi kalori dan tingkat berat badannya. Camilan bisa menjadi bantuan penting dalam pelatihan, tetapi memberi terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas. Pelajari tentang makanan manusia mana yang aman untuk anjing, dan mana yang tidak. Tanyakan kepada dokter hewan Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang berat badan atau diet anjing Anda. Air bersih dan segar harus tersedia setiap saat.

PERAWATAN

Ada dua jenis Brussel Griffon, dengan dua jenis bulu yaitu halus dan kasar. Dengan Griffon berlapis halus, menyikat mingguan — setiap hari selama musim kawin, yang biasanya satu atau dua minggu di musim semi, dan sekali lagi di musim gugur — dan mandi sesekali akan membantu menghilangkan kotoran dan rambut rontok serta menjaga penampilan anjing yang terbaik. Griffon yang dilapisi kasar tidak akan luruh. Banyak yang rambutnya — kecuali janggutnya yang khas — dipotong pendek, baik oleh pemiliknya atau penata rias profesional. Seperti pada semua ras, kuku harus dipangkas secara teratur, karena kuku yang terlalu panjang bisa menyakitkan bagi anjing dan menyebabkan masalah berjalan dan berlari.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Griffons membutuhkan setidaknya setengah jam olahraga yang tidak terlalu berat dalam sehari untuk tetap sehat dan bahagia. Mereka suka bermain-main, dan paling senang saat melakukan aktivitas bersama pemiliknya. Permainan mengejar bola menyenangkan bagi anjing. Kecerdasan dan kemampuan mereka membuat Griffon Brussels unggul dalam acara anjing seperti kepatuhan, kelincahan, dan pelacakan.

PELATIHAN

Sosialisasi lebih awal dan kelas pelatihan anak anjing direkomendasikan untuk semua anjing dan membantu memastikan bahwa Griffon tumbuh menjadi pendamping yang dapat menyesuaikan diri dan berperilaku baik. Griff memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan ikatan yang kuat dengan pemiliknya, yang membuatnya mudah untuk dilatih. Namun, seperti banyak ras mainan lainnya, membuatnya patuh mungkin membutuhkan waktu dan upaya ekstra. Griffons memiliki sifat yang sangat sensitif, dan mereka tidak menyukai koreksi kasar atau metode pelatihan. Griffon ingin bersama keluarganya, sering mengikuti orangnya dari kamar ke kamar, dan perilaku yang tidak diinginkan dapat terjadi jika dia secara teratur ditinggalkan sendirian dalam jangka waktu yang lama.

STANDAR BRUSSELS GRIFFON: PDF dari AKC

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.


#BrusselsGriffon #ToyGroup #Anking #AnjingK9