Affenpinscher

Nama Group : Toy Group | Level Aktifitas : Membutuhkan Latihan rutin | Level Energi : Tinggi | Level Gonggongan : Sedang | Karakter : Trah Anjing Terkecil | Ukuran : Kecil | Asal-Usul : Jerman | Lingkungan : Sangat menyukai kegiatan dilingkungan terbuka | Bulu : Kawat | Jenis Bulu Rontok : Musiman | Pelatihan : Kemungkinan Susah Dilatih | Keluarga : Baik untuk anjing keluarga, namun bukan untuk anak kecil | Umur : 12 - 15 tahun


ISU KESEHATAN

Kekhawatiran utama : tidak ada / Kekhawatiran minor : patellar luxation, corneal ulcers / Kadang-kadang terlihat :  PDA, fontanel terbuka / kesulitan pernapasan, Legg-Perthes / Tes yang disarankan : lutut, mata / Rentang hidup : 12 - 15 tahun


MENGENAI AFFENPINSCHER

Affenpinscher merupakan anjing yang sangat cocok untuk keluarga yang tidak memiliki anak kecil, anjing ini sangat tangguh, gesit, dan pemberani (tidak mengenal rasa takut walau bertubuh kecil). Affenpinscher tidak akan segan-segan menggigit jika diintimidasi atau diganggu, oleh karena itu Affenpinscher tidak cocok bagi anak kecil, namun sangat setia dan merupakan teman yang baik bagi anggota keluarga yang dewasa. Mereka harus diperlakukan layaknya Manusia (Sebagai sahabat) karena sebenarnya meraka adalah anjing yang peka dan lembut.

Affenpinscher sering digunakan sebagai anjing pembasmi hama tikus, karena anjing ini sangat berani, tangguh, dan sangat serius jika menjalankan tunggas, apa bila ada orang yang mendekati pintu rumah Affenpinscher dengan sigap akan memberitahukan kepada tuan rumah bahwa ada orang asing yang mendekat. Ketika bertugas memburu hama tikus, Affenpinscher biasanya tidaklah berisik namun sangat bersemangat.

Untuk melatih Affenpinscher dibutuhkan kesabaran dan durasi waktu pelatihan yang tidak terlalu lama, karena Affenpinscher memiliki pikirannya sendiri, mudah bosan, dan sering dicap keras kepala (walaupun sebenarnya Affenpinscher adalah jenis anjing yang cerdas).Teknik pelatihan yang cocok bagi Affenpinscher adalah pujian, hadiah, dan permainan, jika dilatih dan disandingkan dengan hewan seperti kucing sejak usia dini, mereka bisa hidup dengan damai. Affenpinscher cenderung tidak berhasil hidup berdampingan dengan beberapa hewan seperti Hamster, Musang, atau Gerbil.

Affenpinscher memiliki Tinggi: 9 - 11,5 inci dan Berat: 7 - 10 pound, memiliki Bulu Kawat yang orang-orang sering menyebutnya "RAPI tapi KASAR". Jika anda ingin memiliki jenis anjing ini, bersiap-siaplah menunggu antrian karena Affenpinscher  merupakan anjing yang langka untuk saat ini.

SEJARAH

Dulu Affenpinscher dikembangkan sebagai Terrier yang bertugas memburu tikus di peternakan, dapur dan gudang. Sekitar 1600 Affenpinscher memiliki ukuran yang lebih besar sekitar 12 hingga 13 inci dengan warna bulu  abu-abu, coklat kekuningan, hitam dan cokelat dan juga merah, kaki dan dada putih juga biasa ditemukan. Namun berjalannya waktu Affenpinscher yang berukuran kecil (persilangan dengan Pug, German Pinscher, dan German Silky Pinscher) lebih disukai karena bisa dipangku oleh para wanita. Affenpinscher juga merupakan nenek moyang dari jenis anjing Brussels Griffon dan Miniature Schnauzer.

Nama Affenpinscher berasal dari dua suku kata, yaitu Affen yang berarti "Monyet" dan Pinscher yang berarti "Terrier", sedangkan di prancis anjing ini dikenal sebagai "Diablotin Moustachu" - Iblis Kecil Berkumis, yang juga menggambarkannya dengan tepat.

Pada akhir 1800-an di Jerman dan Belanda banyak bermunculan Klub yang khusus mengembangkan Affenpinscher, dan pada 1936 American Kennel Club menyambut Affens ke dalam jajarannya.

NUTRISI MAKANAN

Usahakan memberi Affenpinscher makanan anjing yang berkualitas, entah itu makanan siap saji dari pabrikan atau buatan rumah, sesuaikan asupan kalori dengan berat si anjing. Sangat sering terjadi Affenpinscher  kelebihan berat badan/Obesitas, sediakan air minum setiap saat untuk jenis anjing ini.

PERAWATAN

Bulu Affenpinscher pertumbuhannya tidak terlalu cepat, namun perlu ditata sekitar 2 minggu sekali, dan pemotongan bulu hanya perlu dilakukan beberapa bulan sekali (tergantung kondisi dan keperluan). Untuk menata bulu Affenpinscher, pertama gunakan sikat dan kemudian dengan sisir logam. Setiap bulu kusut harus ditarik terpisah dengan jari, bulu di kepala biasanya disikat ke depan pada wajah, dan kemudian bentuk V terbalik dipotong untuk mengekspos mata. Demikian pula, rambut di pangkal hidung dipangkas menjadi bentuk kipas untuk menjaga mata tetap jernih.

KEBUTUHAN OLAH RAGA

Trah anjing ini dikembangkan untuk kegiatan yang memerlukan energi lebih dan memiliki sifat yang aktif, jadi Affenpinscher membutuhkan pelampiasan untuk mengimbangi Level Energi mereka yang tinggi dengan cara beraktifitas di luar ruangan (jika anjing ini dipelihara bukan untuk pemburu/pembasmi hama tikus), sehingga Trah ini tidak melakukan hal-hal yang tidak kita harapkan seperti menggongo, menggali, dan mengunyah benda-benda yang ada disekitar rumah. Selain untuk menghilangkan sebagian energi dalam diri anjing ini, kegiatan luar ruangan juga berguna untuk sosialisai dengan anjing lainnya, sehingga anjing ini memiliki sifat yang ramah terhadap anjing lainnya.

PELATIHAN

Anjing ini memiliki sifat dasar Cerdas, Berani,Tangguh, Semangat,  namun Keras Kepala, dan Independen. Banyak Pelatih Anjing Profesional menganjurkan untuk melakukan pelatihan kepatuhan dasar untuk Trah Anjing ini, dan perlu diingat sesi latihan yang panjang tidak disukai oleh Trah ini, mereka cenderung bosan dan kehilangan minat berlatih jika sesi pelatihan terlalu lama. Jika pemilik sudah memiliki keterikatan dengan anjingnya, secara naluri Affenpinscher selalu ingin menyenagkan tuannya.

STANDAR AFFENPINSCHER : PDF dari AKC

 

sumber  : AKC, petfinder, dogtime, dog 101, dan google.


#Affenpinscher #ToyDog #Anjing