7 Tips Mengajari Anjing Anda Untuk Berjalan Dengan Tali Kekang

Sumber : allwomenstalk.com | 2020-10-10 18:59:50 | Penulis : Utami Guna Dewi


Membiasakan anjing dengan tali pengikat, sulit atau mudah?


Membiasakan hewan peliharaan khususnya anjing dengan tali kekang memang cenderung sulit. Hal ini sebaiknya dilakukan sejak anjing masih kecil. Berikut ini 7 tips mengajari anjing Anda berjalan dengan tali yang dapat membantu Anda menghindari bahu terkilir dan anjing Anda mencekik dirinya sendiri saat ia mencoba menghindar untuk bersikap kooperatif.

Berikan Anjing Waktu Untuk Beradaptasi Dengan Tali Kekang
Sebagian anjing akan merasa ketakutan ketika dipasangkan tali pada lehernya, mereka akan mencoba berbaring ketika Anda mencoba mengajaknya berjalan dengan tali kekang. Biarkan tali tetap terikat pada anjing Anda ketika berada di dalam rumah dan pantau perilakunya. Berikan anjing waktu untuk menyesuaikan diri dengan tali kekang tersebut.
 

Jangan Menyentakkan Tali Kekang
Kebanyakan pemilik yang masih dalam tahap membiasakan anjingnya dengan tali kekang merasa frustasi ketika anjing tidak menuruti perintah pemiliknya dan mulai menyentak-nyentak tali pengikat anjingnya. Ini hanya akan menakuti anjing dan membuatnya merasa berjalan dengan tali menjadi kurang menyenangkan. Anda dapat menarik sedikit dan berkata, 'Ayo pergi', sehingga dia tahu ini saatnya untuk berjalan lagi, tetapi cobalah untuk tidak cepat-cepat menarik tali pengikatnya. Menariknya ketika ada mobil yang lewat adalah situasi yang sama sekali berbeda dan mungkin tali kekang perlu ditarik dengan cepat.
 

Gunakan Camilan
Kebanyakan anjing akan melakukan apa saja untuk mendapatkan camilan. Camilan juga bisa digunakan untuk pelatihan tali kekang. Simpan beberapa di saku Anda saat membawa anjing Anda jalan-jalan. Terlebih apabila Anda menaruhnya di saku dekat dengan hidung anjing. Hal ini menyebabkan dia terus mencium camilan dan tetap berada di dekatnya. Tawarkan camilan kepada anjing Anda setiap kali dia berjalan dengan baik.
 

Cobalah Tali Kekang Khusus
Ada tali kekang khusus dan tali kekang anti tarik yang dibuat untuk anjing yang terus-menerus menarik tali saat dibawa jalan-jalan. Salah satu jenis tali pengikat terikat pada simpul yang melingkari moncong anjing dengan longgar. Saat anjing mulai menarik tali terlalu kuat, ini menyebabkan moncongnya tertarik ke kiri atau ke kanan. Anjing suka melihat lurus ke depan, jadi menarik kepalanya ke samping sering kali cukup menjengkelkan untuk membuat mereka belajar bahwa menarik tali sama dengan iritasi bagi mereka.
 

Gunakan Perintah Saat Berjalan
Agar anjing Anda tidak menarik Anda ke jalan, ajari dia untuk tidak mulai berjalan sampai perintah diberikan. Menggunakan perintah 'Ayo pergi' jika sudah waktunya untuk mulai berjalan adalah pilihan yang tepat. Perintah yang sama digunakan saat dia mulai berlama-lama berdiam di satu tempat. Jika dirasa anjing mulai melambat dan bertingkah seperti akan mulai mengendus sesuatu, tegur dia dan tariklah sedikit tali kekangnya. 
 

Latihlah Setiap Hari
Seperti kebanyakan hal, mengajari anjing Anda berjalan dengan tali dapat membutuhkan waktu. Anda dapat memulai dengan sedikit berjalan-jalan setiap hari, untuk memudahkan anjing Anda mengikuti pengalaman baru ini. Semakin sering anjing Anda berjalan dengan tali, akan menjadi semakin mudah. Ketika anjing sudah terbiasa menggunakan tali kekang ketika berada diluar, dia akan mengambilkan tali kekangnya dan memberikannya pada Anda untuk dipasangkan dilehernya.
 

Jangan Biarkan Anjing Anda Yang Menuntun
Cobalah berbelok tak terduga saat berjalan atau berbalik dan berjalan ke arah yang berlawanan. Yang terbaik bagi anjing Anda adalah belajar berjalan ke mana pun Anda pergi, alih-alih berpikir Anda berjalan ke mana pun dia menginginkan untuk Anda ikuti.
 

7 tip ini dalam mengajari anjing Anda berjalan dengan tali dapat terbukti berguna dari waktu ke waktu. Semoga Anda berhasil melatih anjing Anda dengan tali kekang.


#TipsAnjing #Tips #Anjing #AnjingK9 #TaliKekang #Tali #Leash #Walk

WhatsApp Untuk Pasang Iklan!