Sosialisasi Anak Anjing Sejak Dini

Sumber : www.akc.org | 2021-08-11 18:35:32 | Penulis : Agung


Mensosialisasikan anak anjing Anda sejak dini adalah salah satu kunci untuk memastikan Anda memiliki anjing yang bahagia, memiliki sifat percaya diri, dan dapat menyesuaikan diri dengan baik.


Mensosialisasikan anak anjing Anda sejak dini adalah salah satu kunci untuk memastikan Anda memiliki anjing yang bahagia, memiliki sifat percaya diri, dan dapat menyesuaikan diri dengan baik. Pelajari waktu terbaik untuk mensosialisasikan anak anjing Anda, cara melakukannya dengan benar, dan pelajari alasan mengapa sosialisi itu menjadi suatu hal yang penting.

Kapan Mensosialisasikan Anak Anjing Anda

Ketika anak anjing anda berumur 0-3 bulan, ia akan mengalami masa sosialisasi yang akan secara permanen membentuk kepribadian masa depannya dan bagaimana ia akan bereaksi terhadap lingkungannya sebagai anjing dewasa.

Membawa mereka untuk bertemu dengan berbagai macam orang, ke berbagai macam tempat maupun situasi yang berbeda akan melatih temperamen anjing menjadi lebih baik.

Saat Anda membeli anak anjing dari peternak yang terpercaya, proses sosialisasi sudah bisa dimulai pada saat itu juga. Sejak usia 3 minggu, anak anjing mungkin mulai mendekati orang yang secara pasif mengamati mereka, jadi disarankan untuk memilih anjing dari peternak yang sudah berpengalaman dalam membentuk karakter anak anjing sejak dini.

Alasan perlunya Mensosialisasikan Anak Anjing sejak dini

Alasan di balik perlunya sosialisasi ini adalah Anda ingin membantu anak anjing Anda menyesuaikan diri dengan semua jenis pemandangan, suara, dan bau dengan cara yang positif. Sosialisasi yang tepat dapat mencegah anjing dari rasa takut terhadap anak-anak, misalnya, atau mengendarai mobil, dan itu akan membantunya berkembang menjadi teman yang santun dan bahagia.

Memiliki seekor anjing yang dapat menyesuaikan diri dengan baik dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi, dipercaya dapat menyelamatkan hidupnya suatu hari nanti. Menurut American Veterinary Society of Animal Behavior, sosialisasi yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah perilaku di kemudian hari. Menurut mereka: “Masalah perilaku, bukan penyakit menular, itu adalah penyebab nomor satu kematian anjing di bawah usia tiga tahun.” Mulailah membawa anjing Anda ke tempat-tempat umum setelah dokter hewan Anda mengatakan bahwa itu aman, dan dia akan belajar berperilaku dalam berbagai situasi dan menikmati interaksi dengan orang yang berbeda.

Cara Mensosialisasikan Anak Anjing Anda

Berikut adalah langkah-langkah dasar yang harus diikuti:

• Perkenalkan anak anjing pada pemandangan, suara, dan bau baru: Bagi anak anjing, seluruh dunia adalah baru, aneh, dan tidak biasa, jadi pikirkan semua yang dia temui sebagai kesempatan untuk membuat suasana baru yang positif. Cobalah untuk mempertemukannya dengan sebanyak mungkin tipe orang, tempat, suara, dan tekstur yang berbeda dan tunjukkan anak anjing Anda kepada mereka. Contoh nyata yang dapat dilakukan yaitu : minta dia berjalan di atas karpet, kayu keras, ubin; mintalah dia bertemu dengan seseorang di kursi roda atau menggunakan tongkat, anak-anak, seseorang dengan janggut, memakai kacamata hitam, menggunakan payung, atau memakai tudung.

• Buatlah pendekatan yang positif: Yang terpenting, saat memperkenalkan semua pengalaman baru ini kepada anak anjing Anda, pastikan dia mendapatkan jumlah camilan dan pujian yang sesuai, sehingga dia mengaitkan apa yang dia hadapi dan perasaan melihat sesuatu yang baru sebagai pengalaman yang menyenangkan. Jangan lupa untuk memecah camilan menjadi potongan-potongan kecil agar mudah dicerna oleh anak anjing Anda. Juga, jangan stres sendiri — anjing dapat membaca emosi kita, jadi jika Anda gugup saat memperkenalkan anak anjing Anda ke anjing yang lebih tua, misalnya, anak anjing Anda akan gugup juga, dan mungkin menjadi takut pada anjing lain di masa depan.

• Libatkan keluarga: Dengan melibatkan orang-orang yang berbeda dalam proses sosialisasi, secara tidak langsung Anda akan menarik anak anjing dari zona nyamannya, memberi tahu dia bahwa dia mungkin mengalami sesuatu yang baru tidak peduli dia bersama siapa pada saat itu.

• Ambil langkah kecil: Cobalah untuk tidak melakukan terlalu banyak dan terlalu cepat di satu waktu. Misalnya, jika Anda ingin anak anjing Anda terbiasa ditangani oleh banyak orang yang tidak dikenalnya, mulailah dengan beberapa anggota keluarga dan perlahan-lahan mengintegrasikan satu orang asing, lalu dua, dan seterusnya. Disarankan untuk tidak membawa anak anjing Anda ke tempat umum yang sangat sibuk tanpa melalui proses bertahap ini, karena dapat membuat Anda kewalahan dan menghasilkan respons yang menakutkan terhadap kelompok orang asing di masa depan.

• Sosialisasi ke publik: Setelah anak anjing Anda terbiasa dengan sedikit rangsangan, keluar dari zona nyamannya untuk memperluas jumlah pengalaman baru yang akan ia dapatkan. Bawa dia ke toko hewan peliharaan (setelah dia memulai seri vaksinasinya), ke rumah teman untuk bermain anak anjing, di jalan-jalan yang berbeda di lingkungan itu, dan sebagainya. Pada tujuh hingga sepuluh hari setelah dia menerima serangkaian vaksinasi anak anjing, aman untuk membawanya berjalan – jalan ke taman (tetapi pastikan untuk mengikuti protokol keselamatan.)

• Mengikuti kelas anak anjing: Setelah anak anjing Anda memulai vaksinasi, ia juga dapat menghadiri kelas anak anjing. Kelas-kelas ini tidak hanya membantu anak anjing Anda mulai memahami perintah-perintah dasar, tetapi keuntungan yang paling penting adalah bahwa kelas-kelas tersebut mengenalkannya kepada anjing dan orang lain. Pelatih yang terampil akan menengahi pertemuan sehingga semua anjing dan manusia aman dan bahagia selama proses kelas berlangsung.

Bagaimana dengan Anjing yang Lebih Tua?

Semua informasi tentang betapa pentingnya sosialisasi untuk anak anjing ini memunculkan pertanyaan “bagaimana dengan anjing yang lebih tua?” Jika Anda telah mendapatkan seekor anjing yang sudah memasuki usia dewasa, Anda masih dapat membantunya mengasosiasikan situasi baru atau menakutkan dengan pengalaman positif, meskipun Anda telah melewatkan periode sosialisasi anak anjing yang penting. Memperkenalkan kembali anjing secara perlahan ke pemandangan, bau, dan suara baru, dengan pengawasan yang cermat dan penekanan pada hal positif dalam bentuk pujian dan suguhan dapat membantunya mengatasi ketakutan atau keraguannya. (Kasus ketakutan yang parah harus ditangani dengan bantuan dokter hewan dan/atau ahli perilaku hewan.)


#SosialisasiAnjing #AnakAnjing #ManfaatSosialisasiAnjingSejakDini

WhatsApp Untuk Pasang Iklan!