Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan

Sumber : pets.webmd.com | 2021-04-11 16:36:51 | Penulis : Agung


Ada berbagai alasan hilangnya nafsu makan pada anjing.Untuk itu, sangat penting mengetahui penyebabnya sehingga dapat diatasi sedini mungkin.


Baik Anda yang masih pemula maupun sudah senior dan terbiasa dengan anjing, akan menjadi sedih dan resah ketika melihat tempat makanannya – tempat makan anjing- tetap utuh, dalam artian anjing Anda tidak mau makan.  Ada berbagai alasan hilangnya nafsu makan pada anjing.Untuk itu, sangat penting mengetahui penyebabnya sehingga dapat diatasi sedini mungkin.

Hal pertama yang harus diingat adalah cara Anda menilai bahwa nafsu makan anjing Anda mulai menurun. Jika Anda khawatir karena anjing Anda tidak memakan makanan sesuai yang tercantum dalam pedoman makanan yang Anda beli, ingatlah bahwa di label tersebut hanyalah perhitungan rata-rata. Banyak anjing yang sehat sempurna hanya makan 60% hingga 70% dari jumlah yang tertera pada label kemasan.

Karena hilangnya nafsu makan pada anjing dapat mengindikasikan penyakit, penting untuk mencari perawatan dokter hewan jika Anda melihat perubahan pada kebiasaan makan anjing Anda. Sangat penting untuk segera menanggapi hilangnya nafsu makan pada anjing yang biasanya makan dengan baik.

Meskipun sebagian besar anjing dapat bertahan hidup selama beberapa hari tanpa makanan tanpa efek buruk yang ditimbulkan tidaklah signifikan, yang terbaik adalah mengatasi masalah ini sedini mungkin.

 

Alasan anjing Anda tidak mau makan

Sama seperti pada manusia, ada berbagai alasan mengapa anjing menolak makan, diantaranya:

1. Penyakit.

Nafsu makan yang menurun pada anjing sering kali merupakan tanda penyakit, terutama jika anjing Anda menunjukkan gejala lain pada waktu yang bersamaan. Meskipun kehilangan nafsu makan pada anjing tidak selalu mengindikasikan penyakit serius, membawanya untuk konsultasi dengan dokter hewan salah satu cara untuk mengetahui penyebabnya, karena ini bisa saja merupakan ciri-ciri dari penyakit yang cukup serius, seperti kanker, berbagai infeksi sistemik, nyeri, masalah hati, dan gagal ginjal.

2. Penyakit gigi.

Anjing Anda mungkin tidak mau makan karena ada sesuatu di mulutnya yang menyebabkan rasa sakit. Bawa anjing anda ke dokter hewan langganan Anda, untuk memeriksa mulut serta giginya, kemungkinan mereka menderita gigi patah atau lepas, radang gusi parah, dan bahkan tumor mulut.

3. Vaksinasi terbaru.

Untungnya, vaksinasi tersedia untuk banyak penyakit anjing yang serius dan menular. Meskipun suntikan ini telah menyelamatkan nyawa jutaan hewan peliharaan dalam 100 tahun terakhir, suntikan ini terkadang memiliki efek buruk. Sebagian besar vaksin memberikan efek yang tidak terlalu serius, akan tetapi cukup membuat para pemilik resah, termasuk hilangnya nafsu makan sementara pada anjing.

4. Bepergian dan lingkungan asing.

Jika nafsu makan anjing Anda baik-baik saja sampai Anda melakukan perjalanan bersama mereka atau pindah ke lokasi baru, mungkin anjing Anda tidak mau makan karena bepergian atau karena dipengaruhi keadaan sekitarnya yang masih terasa asing baginya. Beberapa hewan mungkin mengalami mabuk perjalanan, dan yang lainnya menjadi gugup atau tidak nyaman di tempat baru.

 5. Menjadi pemilih di saat bosan.

Beberapa anjing terkadang cukup bosan dengan menu yang monoton, mereka mungkin juga menolak makan karena situasi yang menurutnya kurang nyaman. Bagi Anda para pemilik anjing, jangan langsung menyimpulkan bahwa anjing Anda selalu bosan dan menjadi pemilih, karena hilangnya nafsu makan juga dapat disebabkan oleh penyakit. Jadi sebaiknya konsultasikan denga n dokter hewan Anda untuk hasil yang lebih akurat.

 

Apa yang harus dilakukan jika anjing Anda tidak mau makan

Apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu saat anjing Anda tidak mau makan akan bergantung pada apa yang Anda dan dokter hewan Anda tentukan sebagai penyebab masalahnya.

Jika anjing Anda kehilangan nafsu makan karena penyakit, dokter hewan dapat merekomendasikan resep diet untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hewan peliharaan Anda saat penyakit yang mendasarinya sedang ditangani. Terkadang diet ini tidak terlalu enak, terutama jika anjing Anda terbiasa dengan menu makanan yang mirip dengan manusia. Jika anjing Anda sudah sakit, jangan pernah memaksa mereka untuk memakan makanan yang ditentukan oleh dokter, karena beberapa anjing ketika sakit memang menjadikannya semakin malas untuk makan, Anda harus lebih bersabar dan mencari trik-trik untuk mengakalinya.. Dalam kasus yang lebih parah, dokter hewan Anda mungkin meresepkan obat perangsang nafsu makan, merekomendasikan makanan cair dengan jarum suntik, atau memasukkan selang makanan ke tubuh anjing Anda.

Jika nafsu makan anjing Anda menurun disebabkan oleh masalah perilaku yang disebabkan oleh sikap pilih-pilihnya atau ketidaknyamanan dengan waktu makan, bukan akibat kondisi medis, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendorong hewan peliharaan Anda untuk makan yaitu :

  • Mulai mengurangi porsi camilan.

  • Memberi makan hewan peliharaan Anda dengan jadwal teratur, biasanya setidaknya dua kali sehari.

  • Jadikan waktu makan sebagai waktu yang menyenangkan untuk hewan peliharaan Anda, seperti dengan bermain dan memberikannya hadiah berupa makanan ringan ketika dia berhasil melakukan suatu hal sesuai perintah Anda.

  •  Ajak anjing Anda jalan-jalan sebelum makan.

  • Mengubah situasi makan anjing Anda. Jika Anda biasanya memberi makan hewan peliharaan Anda dengan hewan lain, cobalah memberinya privasi dengan makan sendirian. Atau coba gunakan mangkuk atau piring berbeda dengan ketinggian berbeda untuk melihat apa yang disukai anjing Anda. (Anda bahkan dapat meletakkan beberapa potong makanan di lantai di sebelah tempat makan.)

  • Mencoba jenis makanan yang berbeda, seperti makanan kaleng jika Anda biasanya memberi makanan kering untuk anjing Anda.

  • Tambahkan sedikit air hangat ke tempat makan anjing Anda agar lebih menarik.


#Cara-Mengatasi-Anjing-Tidak-Mau-Makan #Anjing-Gak-Mau-Makan #Anjing #AnjingK9

WhatsApp Untuk Pasang Iklan!