Kenapa Anjing Doberman Atau Rottweiler Ekornya Dipotong/Tail Docking ?

Sumber : Berbagai Sumber | 2021-03-18 23:16:22 | Penulis : Agung


Praktik memotong ekor (Tail Docking) anjing sudah berlangsung lama, dengan tujuan kosmetik.


Tail Docking adalah istilah yang diberikan untuk operasi pengangkatan ekor anak anjing untuk tujuan kosmetik. Prosedur biasanya dilakukan pada usia 2-5 hari; Ekornya dipotong dengan gunting atau lepas karena aliran darahnya terhalang menggunakan karet gelang yang ketat.

Kenapa banyak orang yang katannya "Pecinta Anjing" melakukan "Tail Docking"?

 

Ada beberapa ALASAN dari Pemilik Anjing yang melakukan tail docking pada anjing mereka, Diantaranya :

#. Berhubungan dengan Rabies

Dahulu orang percaya bahwa anjing yang sering menggigit ekornya akan terkena rabies. Namun penelitian mengatakan bahwa tidak ada hubungan sama sekali ekor anjing dengan rabies.

#. Mencederai Ekor Mereka Sendiri

Pemilik anjing percaya bahwa dengan memotong ekor anjing mereka, maka akan menyelamatkan anjing mereka dari resiko cedera ketika melakukan perburuan di semak-semak. Logika ini ada benarnya (jika ekor anjing terlalu panjang daripada seharusnya), namun sangat jarang ditemukan kasus ekor anjing cedera pada saat berburu, dan fakta yang sudah banyak orang tau, kalau ekor anjing sangat berguna ketika anjing melakukan manuver berbelok disaat berburu. Jika ekor mereka di potong, maka akan mengurangi kemampuan manuver anjing itu sendiri.

#. Ekor Yang Panjang Akan Mudah Ditarik Oleh Pelaku Kejahatan

Untuk alasan yang satu ini sepertinya agak berlebihan, oke, katakanlah kaki belakang anjing anda pernah ditarik oleh pelaku kejahatan ketika melakukan tugasnya, lalu, apakah kaki anjing anda perlu di potong juga?, tentu tidak bukan. 

Walaupun kemungkinan ini bisa terjadi, seekor anjing tidak akan mudah untuk dikalahkan hanya dengan menarik ekornya, anjing tersebut pasti akan melakukan perlawanan apalagi anjing itu berjenis Rottweiler atau Doberman, dan perlu diperhatikan, bahwa menangkap ekor anjing tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

#. Terlihat Lebih Gagah

Alasan yang paling masuk akal adalah Tail Docking untuk tujuan Kosmetik semata, karena tidak bisa dipungkiri, jika dibandingkan Doberman yang tanpa Tail Docking dengan yang telah melakukan Tail Docking akan sangat jauh berbeda dari segi penampilan.

 

FAKTA

#.Ekor Sangat Berguna

Anjing menunjukan perasaan menggunakan Bahasa Tubuh atau biasa disebut Body Language, Pemilik Anjing akan tau kondisi perasaan anjing mereka (Takut, Gembira, Marah, Menunjukkan Dominasi, dan Perasaan ingin berteman) hanya dengan melihat posisi ekor anjing mereka. Hal ini akan sedikit sulit diprediksi jika pemilik sudah memotong ekor mereka.

Komunikasi antara anjing juga menggunakan Bahasa Tubuh yaitu ekor.

 

Cintailah Anjing Kita Sama Seperti  Anjing Kita Mencitai Kita Apa Adanya Dan Tanpa Syarat.

 


#Doberman #Rottweiler #Memotong-Ekor-Anjing #Tail-Docking

WhatsApp Untuk Pasang Iklan!